Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk
Health

Hambatan Terbesar Indonesia Atasi Pandemi Covid-19 Menurut Epidemiolog

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiolog UI Pandu Riono menyatakan salah satu hambatan terbesar untuk atasi wabah covid-19 di indonesia, yaitu illiterasi dalam memahami data wabah, analisis sesuai dinamika wabah.

"Tak mau belajar cepat dari kesalahan, berkejaran dengan kecepatan penularan. Peluang berhasil kian menyempit, momen nya sudah menghilang," ujarnya dikutip dari akun twitternya.

Menurutnya, kekurang-fahaman pada kompleksitas pandemi Covid-19 & dampak nya pada kehidupan bangsa Indonesia sangat besar. Bila tak berhasil atasi pandemi dapat terjebak dalam situasi ekonomi yang sulit dipulihkan.

"Hingga saat ini belum ada solusi yg jelas bahwa kita mampu atasi pandemi," tambahnya.

Misalnya saja, katanya, prioritas Indonesia Sehat, masih terjebak dalam pola berpikir lama, tidak ada lompatan ide inovasi untuk mereset tatanan kesehatan publik di indonesia. 

Hingga 10 Agustus 2020 kemarin, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, mencatat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.687 orang, sehingga total menjadi 127.083 kasus.

Sedangkan kasus sembuh tercatat sebanyak 1.284 sehingga total menjadi 82.236 orang, dan kasus meninggal 42 orang sehingga total menjadi 5.765 orang.

Adapun, jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 15.836, jumlah suspek 84.139 orang, dan 480 kabupaten/kota di 34 Provinsi Indonesia terdampak Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro