Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hunian Zaman Now, Canggih dan Terintegrasi

Kini, segala peralatan yang berada di dalam rumah dapat dikendalikan melalui ponsel pemiliknya dari mana saja.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  12:42 WIB
Peralatan rumah canggih dan terintegrasi bisa dikendalikan melalui gadget pemilik rumah,/Selasa (11/02 - 2020).
Peralatan rumah canggih dan terintegrasi bisa dikendalikan melalui gadget pemilik rumah,/Selasa (11/02 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki rumah pintar layaknya rumah keluarga Kevin McCallister di film Home Alone 4 bukan lagi angan-angan. Pesatnya perkembangan teknologi membuat Anda dapat mewujudkan angan-angan tersebut dengan mudah dan tentunya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Karena sejumlah pengembang sudah sejak awal menyiapkan infrastruktur dasar yang memungkinkan suatu rumah dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih yang terintegrasi satu sama lain. Salah satu diantaranya adalah PT. Terrakon Property lewat perumahan Royal Resort Residence di Jakabaring, Palembang.

Menurut Marketing Director Terrakon Property Nata Susanto, seluruh rumah yang dibangun di perumahan tersebut mendukung berbagai peralatan canggih berbasis Internet of Things (IoT). Segala peralatan yang ada di dalamnya dapat dikendalikan melalui ponsel pemiliknya dari mana saja.

“Didukung dengan jaringan internet fiber optik yang bandwidth-nya tinggi. Mendukung IoT untuk kontrol semuanya dari jarak jauh, memantau kondisi rumah dan sekitarnya lewat kamera CCTV secara realtime,” katanya.

Lebih lanjut, Nata menjelaskan setiap rumah yang ada di Royal Resort Residence sudah dilengkapi kamera CCTV sebagai perangkat keamanan bersama dengan tombol darurat (panic button) yang terintegrasi dengan pihak keamanan setempat dan kepolisian. Selain itu setiap sudut perumahan tersebut juga dipasangi kamera CCTV yang dapat dipantau oleh seluruh penghuninya lewat ponsel.

“Panic button juga akan membunyikan sirine jika ditekan. Kamera CCTV untuk rumah tipe dua tingkat ada empat titik, tetapi untuk rumah yang tipe kecil hanya di bagian depan saja. Semuanya baik tipe kecil atau besar sudah dilengkapi sensor keamanan di pintunya sebagai sistem keamanan standar,” tuturnya.

Apabila kamera CCTV yang disediakan oleh pihaknya dinilai masih belum mencukupi, Nata menyebut pemilik rumah dapat menambahkannya dengan mudah tanpa perlu melakukan penyetelan ulang.

Royal Resort Residence menempati lahan seluas 5 hektare dengan jumlah rumah yang dibangun mencapai 300 unit. Menurut Nata, sebanyak 180 unit diantaranya sudah diserahterimakan kepada pembeli. Rumah tipe terkecil di perumahan tersebut saat ini dijual dengan harga Rp500 juta belum termasuk biaya administrasi.

Tidak hanya menawarkan konsep rumah pintar saja, Terrakon Property juga menghadirkan sejumlah fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh penghuni perumahan. Salah satunya adalah club house.

“Bisa dimanfaatkan untuk bekerja seperti di co-working space atau mungkin menerima tamu. Jadi privasi tetap terjaga. Ada bartender dan minibar untuk duduk. Minuman kopi dan teh juga disediakan gratis,” ujar Nata.

Selain club house, Terrakon Property juga menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang lainnya seperti sport park, out gym, basketball area, balai bengong (gazebo), hingga kiddy garden. Tentu, semuanya bisa dimanfaatkan oleh penghuni perumahan secara cuma-cuma.

Nata mengungkapkan pihaknya berencana untuk mengembangkan perumahan serupa Royal Resort Residence di wilayah Jabodetabek. Namun, hal tersebut urung dilaksanakan dalam waktu dekat lantaran kondisi yang tidak memungkinkan.

“Wait and see dahulu karena [pandemi] Covid-19. Tetapi sudah ada yang mau bekerja sama dan peminatnya saya yakin juga makin tinggi. Karena saat ini trennya mengarah kesana, orang-orang bekerja dari rumah butuh segala sesuatu yang nyaman dan memudahkan,” ungkapnya.

Namun yang jelas, lahan yang diupayakan lokasinya strategis dan mudah dijangkau dengan moda transportasi modern seperti Royal Resort Residence. Penghuni perumahan tersebut dapat dengan mudah bepergian ke pusat kota Palembang lantaran lokasinya tak jauh dari Stasiun LRT Jakabaring.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti rumah integrasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top