Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Pilihan Olahraga Aman dan Sehat Saat Pandemi Corona

Olahraga yang berat harus dihindari oleh masyarakat selama pandemi virus Corona (Covid-19).
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  19:27 WIB
Jogging.  - Reuters
Jogging. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan. Selain dengan mengatur pola makan, berolahraga yang cukup juga sangat diperlukan agar tubuh selalu fit sehingga imunitas tubuh lebih kuat.

Dokter kecantikan dan Social Entrepreneur Sonia Wibisono mengatakan dalam masa pandemic ini masyarakat harus tetap berolahraga minimal 30 hingga 40 menit sehari. Namun, dia menyarankan agar memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah.

“Lebih baik memang olahraga di rumah saja. Kalau bisa di rumah ya di rumah. Pilihannya ada treadmill tapi jalan cepat saja, atau menggunakan sepeda statis. Lalu ada yoga, meditasi, atau stretching, pilih yang kalem-kalem saja tapi baik untuk pernapasan,” ujarnya dalam Ngobrol Santai Bisnis.com, Jumat (14/8/2020).

Sebaliknya, Sonia meminta masyarakat untuk menghindari olahraga berat, apalagi ketika harus dilakukan di luar rumah seperti marathon sebab dikhawatirkan bisa mencederai lutut dan tumit. Apalagi jika olahraga lari tersebut dilakukan di luar rumah, dan tetap harus mengenakan masker, khawatir bisa mengganggu pernapasan.

Menurutnya, olahraga itu yang terpenting dapat dilakukan secara konsisten. Jangan terlampau lama atau terlalu berat, lalu besoknya berhenti, tetapi lakukanlah secukupnya dan rutin setiap hari. Kalau mau naik sepeda pun tidak masalah, yang penting jika di luar rumah harus mengenakan masker.

“Daripada lari, lebih baik jalan cepat saja. Itu pun bisa membakar kalori yang penting teratur agar jantung bisa berdenyut dengan baik,” ujarnya.

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Setiap hari, setidaknya rutin minum air putih 2,5 liter, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, atau jika mau bisa juga minum jamu seperti jahe atau kunyit yang baik untuk stamina.

“Kalau saya suka Vitamin C, D, dan Zinc yang bagus untuk daya tahan tubuh agar tubuh tidak lemas,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan olahraga tips sehat pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top