Ruam merah padda kulit menjadi gejala baru virus corona (Covid-19)./News Medical
Health

Hati-Hati, Ruam Disertai Gatal Jadi Gejala Covid-19

Desyinta Nuraini
Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala virus corona terus berkembang. Baru-baru ini, para ahli menyebut ruam yang sangat gatal pada kulit menjadi salah satunya.

Melansir Express UK, Selasa (25/8/2020), beberapa pasien virus corona di Inggris mengalami serangan ruam kulit tertentu yang terkadang timbul dan hilang. Ruam tersebut diiringi dengan gatal.

Saat ruam berkembang, bibir atau kelopak mata para pasien tersebut bengkak.

"Ruam kulit harus dianggap sebagai tanda kunci keempat Covid-19. Tiba-tiba munculnya benjolan pada kulit yang datang dan pergi cukup cepat selama berjam-jam dan biasanya sangat gatal," tulis aplikasi Studi Gejala COVID.

Ruam tersebut timbul di bagian tubuh mana pun, dan seringkali dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau telapak kaki, kemudiam dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata.

"Ruam ini dapat muncul sejak awal infeksi, tetapi juga dapat bertahan lama setelahnya," kata aplikasi studi tersebut.

Ruam pada gejala Covid-19 digambarkan sebagai bercak besar merah yang menonjol namun terkadang hanya berupa bintik merah dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Namun perlu dicatat, tidak semua ruam bisa langsung dikaitkan dengan Covid-19. Terkadang gigitan serangga seperti semut pun dapat menyebabkan ruam yang disertai gatal.

Ruam yang disebabkan Covid-19 biasanya disertai dengan gejala umum virus tersebut, misalnya demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan bahkan cegukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro