Ilustrasi jam kerja
Relationship

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bekerja dari rumah telah menjadi keuntungan yang cukup banyak dicari oleh beberapa karyawan.

Tetapi ada kalanya rapat online yang sering dan tidak dapat memutuskan hubungan kerja membuat karyawan di bawah tekanan dan stres yang konstan. Ini disebut kelelahan komunikasi.

Perusahaan di seluruh dunia telah memilih bekerja dari rumah sebagai model untuk memastikan keselamatan karyawan mereka. Tetapi komunikasi berkelanjutan dengan para rekan kerja telah membuat orang merasa terkuras habis.

Karenanya, dikutip dari Times of India, Rabu (26/8/2020), Anda harus mengetahui cara untuk mengidentifikasi kelelahan komunikasi virtual agar dapat terus melakukan kinerja terbaik Anda.

1. Libur Virtual

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Karena kantor dan rumah telah menjadi tempat yang sama karena lockdown, karyawan tergoda untuk menjadwalkan rapat satu per satu. Namun, hal itu menyebabkan kelelahan lebih awal dari yang Anda duga. Dan jika Anda berpikir kopi adalah cara Anda untuk memperbaiki perasaan ini, seharusnya tidak dan tidak. Untuk mengatasi kelelahan komunikasi virtual, Anda perlu menjadwalkan waktu istirahat sepanjang hari. Ini akan membantu Anda memulihkan tenaga sebelum pertemuan berikutnya. Beri diri Anda waktu libur virtual dan habiskan waktu ini untuk makan, bercakap-cakap dengan keluarga, atau sekadar beristirahat.

2. Tetapkan tenggat waktu

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Jika Anda terus menjadwalkan rapat tanpa jeda, Anda tidak ingin terlibat dalam obrolan kecil seperti "Bagaimana kabar semua orang?" atau "Bagaimana lockdown ini memperlakukan semua orang?" Anda lebih suka membicarakan bisnis dan menyelesaikannya. Itulah tepatnya yang harus Anda lakukan, secara sadar. Beri diri Anda tenggat waktu untuk setiap panggilan kerja dan cobalah untuk menyelesaikan semua yang penting sehingga Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat daripada nanti. Ini akan sangat membantu mengatasi kelelahan komunikasi.

3.Blokir tampilan kamera depan Anda

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Sejujurnya, sangat melelahkan untuk terus menunjukkan wajah Anda di setiap rapat atau telepon konferensi dengan anggota tim Anda. Hal ini dapat membuat Anda stres dan kelelahan karena Anda terus memusatkan perhatian pada layar laptop dan ponsel. Untuk mencegahnya, Anda cukup mematikan fitur kamera setiap kali Anda tidak sedang melakukan presentasi atau tidak diharapkan untuk berbicara. Menutup pandangan diri akan mengurangi banyak stres serta kelelahan komunikasi yang menyertainya.

4.Jangan terpaku pada notifikasi

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Setiap karyawan tahu bahwa pemberitahuan pekerjaan mereka dapat terus membebani. Ini juga akan memiliki beberapa efek yang tidak menguntungkan bagi karyawan. Anda belum tentu diharapkan untuk menanggapi setiap pesan yang Anda terima sepanjang hari. Untuk memastikan ponsel Anda tidak terus berdering sepanjang waktu, buat strategi dengan anggota tim Anda untuk hanya mengobrol di grup kerja jika ada sesuatu yang cepat dan singkat untuk diselesaikan.

Segala sesuatu yang membutuhkan pemikiran dan debat dapat dilakukan melalui email kantor. Dengan cara ini, Anda tidak akan dibebani dengan notifikasi kerja sepanjang waktu.

5.Jangan bekerja di luar jam kerja

Cara Meredakan Kelelahan Berkomunikasi Saat WFH

Karena sebagian besar perusahaan pindah untuk bekerja dari rumah, karyawan telah meluangkan waktu ekstra setiap hari. Hal ini menyebabkan seringnya kelelahan dan stres. Lebih banyak jam kerja juga berarti lebih banyak interaksi dengan rekan kerja, yang pada akhirnya mengakibatkan kelelahan komunikasi. Untuk mencegahnya, mulailah mengatur waktu Anda dengan baik.

Jika Anda memiliki pekerjaan 9-5, pastikan Anda hanya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Jangan memperpanjang jam kerja Anda hanya karena Anda merasa lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Biasakan memutuskan hubungan dari dunia kerja setelah Anda selesai dengan jam kerja Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro