Logo youtube/Akbar Evandio
Entertainment

YouTube Hapus 11,4 Juta Video Sepanjang April Hingga Juni 2020

Rezha Hadyan
Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seperti yang sudah diperkirakan, YouTube menghapus lebih banyak video sepanjang kuartal II-2020 dibandingkan dengan sebelumnya. Pasalnya, platform berbagi video milik Google itu sudah mengandalkan algoritma alih-alih moderator konten manusia.

Melansir The Verge pada Rabu (26/8/2020), Laporan Penegakan Pedoman Komunitas (Community Guidelines Enforcement) Youtube yang dirilis pada Selasa (25/8/2020) menunjukkan bahwa 11,4 juta video selama April-Juni 2020 telah dihapus. Sementara pada periode yang sama tahun lalu YouTube hanya menghapus tak lebih dari 9 juta video saja.

"Ketika memperhitungkan dengan sangat berkurangnya kapasitas peninjauan manusia karena Covid-19, kami terpaksa membuat pilihan antara potensi di bawah penegakan atau potensi penegakan berlebih. Karena tanggung jawab adalah prioritas utama kami, kami memilih yang terakhir - menggunakan teknologi untuk membantu beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh peninjau,” demikian pernyataan Youtube di laporan tersebut.

Perusahaan induk YouTube, Google, memberi tahu karyawannya pada Maret lalu bahwa mereka memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah hingga akhir 2020 karena pandemi Covid-19. Perusahaan memperingatkan bahwa konsekuensi dari pilihan tersebut adalah ketergantungan pada teknologi dan ada kemungkinan video yang biasanya baik-baik saja di platform mungkin akan dihapus karena kesalahan.

Moderator manusianya bekerja dari kantor yang khusus disiapkan untuk peninjauan. Pekerjaan tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan di luar lingkungan yang terkendali. Karena akan berisiko membuat data pengguna dan video sensitif terekspos secara tidak sengaja.

Perusahaan tahu bahwa menghapus lebih banyak video yang tidak melanggar aturannya juga akan mengakibatkan lebih banyak banding dari pembuat konten. Jadi, Google menambahkan lebih banyak staf ke proses bandingnya untuk menangani permintaan secepat mungkin.

Jumlah pengajuan banding untuk penghapusan konten meningkat dari 166.000 pada kuartal I-2020 tahun menjadi lebih dari 325.000 pada kuartal II-2020. Hal tersebut juga berarti bahwa YouTube memulihkan lebih banyak video di kuartal II-2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sepanjang kuartal II-2020, Youtube sudah memulihkan lebih dari 160.000 video, melonjak hampir empat kali lipat dari kuartal sebelumnya yang hanya tercatat sebanyak 41.000 video Meskipun YouTube mencatat dalam laporannya bahwa beberapa pemulihan mungkin telah diajukan banding di kuartal sebelumnya.

YouTube mengatakan dalam postingan blognya bahwa untuk area kebijakan sensitif seperti keselamatan anak dan ekstremisme kekerasan, jumlah penghapusan video mencapai lebih dari tiga kali lipat seperti biasanya selama kuartal kedua, tetapi menganggap ketidaknyamanan sementara bagi pembuat konten sepadan dengan hasil akhirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro