Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gelaran #MusikalDiRumahAja Indonesia Kaya Ditutup dengan Kisah Lutung Kasarung

Indonesia Kaya mengangkat cerita rakyat Indonesia dan memadukan elemen seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  23:05 WIB
Kisah Lutung Kasarung menjadi penutup program MusikalDiRumahAja Galeri Indonesia Kaya. - Nirmala Aninda
Kisah Lutung Kasarung menjadi penutup program MusikalDiRumahAja Galeri Indonesia Kaya. - Nirmala Aninda

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejak meluncurkan episode pertama berjudul Malin Kundang pada 23 Juli 2020 lalu, #MusikalDiRumahAja kini sudah menayangkan enam judul drama musikal yang tayang setiap hari Kamis pukul 20:00 WIB di akun Youtube IndonesiaKaya..

Untuk episode terakhir, pekan ini program yang merupakan kolaborasi antara BOOW LIVE dan Indonesia Kaya hadir judul baru yakni "Lutung Kasarung" yang akan ditayangkan secara bebas selama 7 hari ke depan mulai Kamis, 27 Agustus 2020.

Program Director Indonesiakaya.com Renitasari Adrian mengkungkapkan bahwa program ini mengangkat cerita rakyat Indonesia dan memadukan elemen seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu ini menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

"Awalnya kita targetkan jumlah penonton kumulatif itu sekitar 1 juta, ternyata sampai dengan episode kelima kita sudah mengumpulkan 1,017,000 views. Ini pertama kalinya kita produksi musikal daring ketika kegiatan kreatif tidak bisa dilakukan secara normal," ujarnya dalam konferensi pers daring, Kamis (27/8).

Selama 6 pekan, penikmat seni telah dihibur dengan 6 cerita rakyat Indonesia dengan format online yang melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia.

Enam cerita rakyat yang ditampilkan antara lain Malin Kundang, Timun Mas, Rara J (adaptasi kisah Roro Jonggrang), Sangkuriang, Bawang Merah & Bawang Putih, dan yang terakhir Lutung Kasarung.

"Semoga ke depan semakin banyak para pekerja seni yang menampilkan karya kreatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Cerita Lutung Kasarung ini merupakan hasil kolaborasi Nia Dinata sebagai sutradara film dengan Rusdy Rukmarata sebagai sutradara teater dan koreografer, Takako Leen sebagai asisten sutradara teater dan Dimitri Hariastuti sebagai asisten sutradara film.

indonesia kaya, lutung kasarung,

Proses kreatif yang dilakukan selama pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini mengharuskan proses produksi dilakukan secara virtual, seperti pada proses reading.

Menurut Nia Dinata, menjadi bagian dari program #MusikalDiRumahAja ini menjadi pengalaman berharga untuknya karena harus bekerja sama dengan sutradara teater untuk menampilkan teater namun tetap memperlihatkan emosi dan perspektif karakter tokoh melalui film.

"Meskipun ini cerita adaptasi, tapi saya mencoba menjaga agar tidak keluar dari pakem Sunda sebagai asal cerita, seperti pelafalan dan sentuhan busana dari Jawa Barat,” ujar Nia Dinata.

Episode ini juga bekerja sama dengan EKI Dance Company, sebuah dance company di Jakarta dan menampilkan para pemain yang mendukung pertunjukan #MusikalDiRumahAja.

Pemeran untuk episode antara lain Nala Amrytha sebagai Purbasari, Ara Ajisiwi sebagai Purbararang, Beyon Destiano sebagai Lutung, Gusty Pratama sebagai Guruminda, Alip Purnomo sebagai Indrajaya, Yuliano Ho sebagai Mbak Genderuwo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik teater teater galeri indonesia kaya
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top