Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan/Istimewa
Health

Lima Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Novita Sari Simamora
Rabu, 2 September 2020 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pisang adalah salah satu makanan sehat dan paling serbaguna, dan kabar baiknya adalah pisang dikemas tetap memiliki nutrisi yang sehat.

Gunakan pisang dalam smoothie, mangkuk buah, sendiri sebagai camilan atau makanan penutup, atau dalam kue favorit penguncian - roti pisang. Seperti dikutip dari Arabnews, Rabu (2/9/2020), berikut manfaat pisang:

1. Kesehatan kulit

Banyaknya vitamin C dan mangan yang terkandung dalam pisang menjadikannya makanan super untuk kulit. Mangan berfungsi untuk membantu tubuh memanfaatkan vitamin C, dan mereka bekerja sama untuk melindungi dari kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas.

Mangan dan vitamin C di dalam pisang akan membantu menghasilkan kolagen, protein yang membangun dan menyatukan kulit dan tulang Anda.

2. Kehamilan

Pisang merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu meredakan kram kaki yang umum terjadi pada wanita hamil. Mereka juga mengandung vitamin B6, yang penting untuk perkembangan janin dan juga dapat membantu mengatasi mual dan muntah selama trimester pertama.

Selain vitamin C yang bergizi super, pisang bisa yang menjaga kekebalan tubuh. Makanan ini juga kaya serat, yang dapat membantu mengatasi sembelit, sesuatu yang memengaruhi setengah dari semua wanita hamil.

3. Penurunan berat badan

Pisang rata-rata memiliki sekitar 100 kalori, yang cukup rendah mengingat betapa mengenyangkan, bergizi, dan enaknya. Pilihlah pisang mentah (lebih hijau), yang memiliki kandungan pati resisten lebih tinggi sehingga lebih mengenyangkan, membantu mengurangi nafsu makan.

Pisang juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan dapat mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

4. Tekanan darah

Pisang menjaga tekanan darah tinggi karena kombinasi kalium tinggi dan natrium rendah. Satu pisang besar menyediakan lebih dari 10 persen kebutuhan kalium harian Anda, yang berarti juga dapat berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

5. Kebugaran

Pisang bebas lemak dan mengandung tiga gula alami - sukrosa, fruktosa, dan glukosa - menjadikannya sumber energi yang sangat baik, terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan pecinta olahraga.

Mereka telah diberi label makanan yang sempurna untuk para atlet karena kandungan mineral dan karbohidratnya yang cepat dicerna, menjadikannya tambahan energi untuk sarapan pagi, dan mengisi ulang pengisian di antara sesi pelatihan.

Pisang menjadi makanan pengisi pasca-latihan yang sangat baik dengan protein shake. Seperti yang disebutkan, para atlet bahwa buah ini juga dapat berperan dalam mengurangi kram yang dapat ditimbulkan oleh olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro