Sel virus corona/istimewa
Relationship

Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Tetangga Anda Tertular Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 2 September 2020 - 18:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan kasus Covid-19 yang meningkat, wajar jika orang menjadi bingung dan takut dengan keselamatan orang yang mereka cintai.

Pertanyaan penting yang diajukan oleh banyak orang adalah "bagaimana jika tetangga Anda dinyatakan positif Covid-19?"

Dikutip dari Boldsky.com, Rabu (2/9/2020), ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti ketika tetangga Anda dinyatakan positif Covid-19. Selain itu, ingatlah untuk tidak mendiskriminasi atau mengucilkan mereka karena Covid-19 adalah infeksi virus yang dapat menginfeksi siapa saja.

Yang Harus Dilakukan

1. Selalu pakai masker saat keluar rumah

Sejak awal COVID-19, memakai masker sudah menjadi aturan utama untuk mencegah penyebaran penyakit. Tidak ada tindakan pengamanan tambahan yang diperlukan jika tetangganya positif COVID-19. Ingatlah untuk memakai masker yang pas dan melangkah keluar dan hindari membukanya di tempat yang terinfeksi.

2. Bawa pembersih tangan

Selalu bawa pembersih tangan (yang juga merupakan aturan dasar) di saku Anda. Ini karena saat keluar, Anda cenderung menyentuh sesuatu seperti rak sepatu atau koran yang bisa menjadi fomite dan menginfeksi Anda. Jadi, setelah keluar dari area / bangunan / flat, pertama bersihkan tangan Anda lalu lanjutkan dengan pekerjaan Anda.

3. Hindari elevator

Jika Anda tinggal di apartemen kurangi pemakaian elevator, karena menggunakannya dapat meningkatkan kemungkinan infeksi karena tombolnya disentuh oleh banyak orang yang mungkin asimtomatik. Karena itu, lebih baik hindari lift dan naik tangga. Selain itu, saat menggunakan elevator, pastikan bahwa tindakan jarak sosial di dalam elevator diikuti dengan ketat (tidak lebih dari 2-4 orang).

4. Disinfeksi gagang pintu / jendela

Pastikan untuk mendisinfeksi gagang pintu dan jendela pintu masuk utama. Pasalnya, saat terinfeksi, gagang pintu bisa langsung membuat Anda sakit saat Anda menyentuhnya lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda.

5. Hindari menyentuh benda luar

Benda atau benda seperti pagar tangga, kotak surat, tanaman luar ruangan, dll dapat bertindak sebagai fomite dan menyebarkan infeksi. Fomites adalah objek tempat virus dapat menetap melalui tetesan pernapasan. Mereka selanjutnya dapat menyebarkan infeksi ketika disentuh oleh orang. Karena itu, berhati-hatilah dengan apa yang Anda sentuh di luar dan cegah risiko Covid-19.

6. Pertahankan jarak yang ketat dari tetangga lain selama beberapa hari

Ketika satu atau dua tetangga Anda dites positif Covid-19, kemungkinan orang lain (termasuk Anda) mungkin telah melakukan kontak dengan mereka beberapa hari sebelumnya dan tidak menunjukkan gejala. . Itu selalu baik untuk menjaga jarak yang ketat dengan mereka juga selama beberapa hari.

7. Permintaan untuk sanitasi yang benar pada area atau bangunan

Orang yang terinfeksi mungkin telah menyentuh beberapa benda sebelum didiagnosis dengan Covid-19. Para ahli mengatakan bahwa virus Covid-19 dapat tinggal di permukaan atau objek selama berhari-hari. Oleh karena itu, minta sanitasi area dan bangunan tersebut untuk mengurangi risiko infeksi.

8. Bantu mereka dengan makanan dan obat-obatan

Orang yang didiagnosis dengan Covid-19 dikarantina di rumah selama dua minggu jika mengalami gejala ringan atau dirawat di rumah sakit jika mengalami kondisi serius. Anggota keluarga mereka juga diminta untuk tidak pergi keluar dalam keadaan seperti itu. Anda dapat membantu mereka dengan makanan, obat-obatan atau kebutuhan penting lainnya jika tidak ada orang lain yang mendukung.

9. Terhubung dengan mereka secara virtual

Mengunjungi pasien yang dikarantina di rumah atau anggota keluarga mereka tidak aman setidaknya selama dua minggu. Cara terbaik adalah terhubung dengan mereka secara virtual dengan menelepon mereka untuk menanyakan kesehatan dan kesejahteraan mereka atau apakah mereka membutuhkan sesuatu dari Anda.

Yang Jangan Dilakukan

1. Menjaga jarak, bukan diskriminasi

Ketakutan akan penyakit menyebar lebih cepat dari penyakit itu sendiri. Itulah sebabnya, meskipun semua tindakan pengamanan diambil oleh pasien untuk mencegah risiko Covid-19, diskriminasi terhadap pasien Covid-19 tetap berlaku di masyarakat atau wilayah tempat mereka tinggal. Orang-orang harus menghindari diskriminasi seperti itu dan mencoba membantu tetangga yang terinfeksi secara finansial dan emosional, dengan mengingat norma-norma jarak sosial dan kebersihan tangan.

2. Jangan menguncinya di dalam rumah

Ada banyak laporan yang mengatakan bahwa karena takut orang-orang mengunci rumah pasien COVID-19 bersama keluarganya tanpa pengasuh untuk membawa belanjaan atau obat untuk mereka. Orang harus ingat bahwa stigma seperti itu hanya akan membuat orang lain takut dan menahan diri untuk tidak menjalani tes, meski mereka mengamati gejala COVID-19. Ini dapat menyebarkan virus lebih banyak lagi karena kurangnya pengobatan.

3. Menahan diri dari bergosip dan berhenti mengisolasi

Meskipun orang-orang dengan riwayat perjalanan, staf medis, dokter, pemulung, staf kebersihan, karyawan maskapai penerbangan dan polisi dipuja karena pekerjaan mereka selama pandemi, keluarga mereka diboikot oleh tetangga karena takut Covid -19 menyebar. Jika mereka dinyatakan positif Covid-19, alih-alih bergosip atau mengisolasi keluarga mereka, orang harus mengingat layanan yang mereka tawarkan kepada kami. Menahan diri dari bergosip dan mengucilkan yang dapat mempengaruhi keluarga secara emosional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro