Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pegawai Selama Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 3 September 2020 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Kesehatan mental di tempat kerja sendiri masih belum menjadi fokus utama di perusahaan-perusahaan Indonesia. Hal ini merupakan ironi, karena faktanya stres akibat pekerjaan masih sangat umum terjadi.

Berdasarkan survei WorkMI pada 1.824 karyawan dari berbagai perusahaan pada tahun 2019, hanya 1 dari 10 karyawan yang tidak mengalami stres psikologis dalam kurun waktu 4 minggu terakhir, atau selama covid-19 terjadi.

Menyikapi hal itu, perusahaan startup berbasis kesehatan mental Ibunda.id memperluas cakupan layanan kesehatan mental karyawan melalui WorkMI.

Lewat layanan konsultasi kesehatan mental ini, diharapkan dapat membuat karyawan berkembang dan lebih terfasilitasi dari segi layanan kesehatan mentalnya. 

“Bagus untuk yang pertama kali ke psikolog dan belum yakin harus bicarain apa, jadi gak nervous,” ungkap salah satu Nakama setelah mengikuti e-counselling dari WorkMI.

Konseling ini dilakukan oleh psikolog atau psikiater associate WorkMI untuk mengatasi masalah sehari-hari karyawan. Selain dapat digunakan oleh Nakama, layanan ini juga dapat digunakan oleh keluarga Nakama, juga karyawan Parentstory dan Bridestory yang merupakan sister company Tokopedia.

Selain itu, WorkMI juga menyediakan layanan support group yang merupakan pertemuan kelompok dengan psikolog sebagai fasilitatornya. Tujuannya adalah untuk mempertemukan karyawan yang sedang atau pernah mengalami pengalaman dengan masalah serupa. 

“Dapat inspirasi dan ide dari grupnya, jadinya bisa bantu aku untuk kategorisasi dengan jelas apa masalah yang aku hadapi dan bagaimana nyelesaiin satu-satu masalah itu,” ujar salah satu peserta support group yang dikutip dalam evaluasi WorkMI. 

Selain memberi kesempatan untuk berbagi dan belajar dari pengalaman pribadi satu sama lain, kegiatan ini juga dapat membangun rasa kebersamaan antar karyawan. Berdasarkan penelitian Rana dan Chopra dalam jurnal Developing and Sustaining Employee Engagement tahun 2019, rasa kebersamaan ini mampu meningkatkan keterikatan kerja dan produktivitas tim maupun individu bagi karyawan.

Selain itu, WorkMI juga menyediakan layanan webinar. Webinar ini lebih berfokus pada edukasi terkait kesehatan mental untuk peningkatan pribadi dan profesional yang diisi oleh psikolog dari WorkMI. Sesi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan keterampilan yang penting bagi karyawan untuk mengelola tantangan dan mencapai potensi optimal mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro