Ilustrasi - Sampel darah yang terindikasi positif Virus Corona./Antara
Health

Ssst...Bicaralah Pelan-Pelan, Agar Covid-19 Tak Menular

Newswire
Rabu, 9 September 2020 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisa jadi hal ini selintas tidak bisa diterima. Ternyata gaya bicara seseorang bisa terkait dengan penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang berbicara keras lebih cenderung memuntahkan lebih banyak tetesan [droplet] dengan potensi mengandung Covid-19. Hal itu berbeda dengan rekan mereka yang berbicara pelan.

Studi terkait cara bicara dan penyebaran Covid-19 itu dilakukan pada bulan Juni, dan dipublikasikan Prosiding National Academies of Sciences.

“Orang-orang perlu memahami virus ini ada di udara, dan mereka mengembuskan virus 10 kali lebih banyak ketika mereka berteriak atau berbicara dengan keras," ujar spesialis penyakit menular di University of Colorado, Jose L. Jimenez, PhD, kepada The Atlantic, seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu 9 September 2020.

Menurut Jiminez, tetap diam membuat Anda 98 persen lebih kecil mengirimkan partikel di udara dibandingkan dengan berbicara dengan volume keras.

Jika Anda berbisik dan berbicara dengan pelan, Anda 80 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menyebarkan droplet.

Apakah hal ini berarti berbicara lebih pelan atau diam saja bisa hampir seefektif menggunakan masker untuk memperlambat penyebaran Covid-19?

“Yang benar adalah jika semua orang berhenti berbicara selama satu atau dua bulan, pandemi mungkin akan pergi," kata Jimenez.

Virus penyebab Covid-19 menyebar melalui partikel yang keluar dari hidung dan mulut kita saat kita bersin, batuk, bernyanyi dan bahkan berbicara. Partikel-partikel ini jatuh ke permukaan terdekat atau bertahan di udara, menunggu untuk dihirup oleh orang yang lewat.

Mengenakan masker bisa menghalangi antara partikel yang berpotensi mengandung virus dan orang-orang di sekitar Anda. Jika ditambah berbicara dengan pelan, maka secara drastis mengurangi jumlah partikel yang didorong ke udara sejak awal.

Nah, Anda bisa kan berbicara lebih pelan? Ssst....kalau sanggup, mungkin diam tak banyak bicara akan lebih baik untuk membantu menjaga orang-orang di sekitar Anda tetap aman dari Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Tempo/Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro