Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kain Endek Bali Jadi Bahan Pilihan Christian Dior

Kain Endek Bali akan digunakan untuk koleksi tas Christian Dior untuk tema musim Spring/Summer 2021.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 30 September 2020  |  20:55 WIB
Kain tenun Bali. - ilustrasi
Kain tenun Bali. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Christian Dior menjadikan kain Endek Bali sebagai bahan pilihan untuk koleksi spring/summer 2021 yang diperagakan di Paris Fashion Week di Jardin de Tuileries, Paris pada 29 September 2020.

Arrmanatha Nasir, Dubes RI Paris, mengungkapkan penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional.

"Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali di tengah tantangan Covid-19," katanya dalam siaran pers pada Rabu (30/9/2020).

Arrmanatha melanjutkan pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi atas  dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya.

Direktur Artistik Christian Dior Couture Maria Grazia Chiuri menggunakan kain Endek Bali bukan hanya untuk koleksi baju, melainkan juga untuk  koleksi tas Christian Dior untuk Spring/Summer 2021.

Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan dalam koleksi terbaru Christian Dior.

Direktur Artistik Dior menyatakan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship  terutama oleh para penenun perempuan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

Sebagai bentuk pengakuan kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label baju / pakaian nantinya.

Christian Dior menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia atas dukungannya untuk penggunaaan kain Endek sebagai bagian dari koleksi terbarunya.

Koordinasi dan kerja sama antara antara KBRI Paris dan Christian Dior dilakukan secara erat untuk memastikan penggunaan kain Endek tersebut sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali dan meminta Christian Dior untuk sepenuhnya menghormati  HAKI kain Endek dan kain Endek yang digunakan harus asli yang diproduksi di Bali.

Untuk diketahui, pelaksanaan Paris Fashion Week tahun ini dilakukan dalam skala lebih terbatas. Selain memperhatikan penuh protokol kesehatan, jumlah undangan untuk fashion show juga lebih terbatas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali tenun kain tenun christian dior
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top