Roger Danuarta dan Cut Meyriska sunat putranya./Instagram
Entertainment

Masih Usia 2 Bulan, Anak Roger Danuarta Sudah Disunat

Newswire
Sabtu, 3 Oktober 2020 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan selebriti Roger Danuarta dan Cut Meyriska mengakui bahwa putranya yang masih berusia dua bulan telah disunat, untuk menjaga kebersihan kelamin.

Dalam video di Youtube Okay Bos, keduanya mengaku telah membawa sang anak yang baru berusia dua bulan untuk disunat. Cut Meyriska mengatakan hal tersebut dilakukan mengingat pentingnya kebersihan area kelamin putra mereka.

Roger mengungkapkan bahwa sunat bisa mencegah timbulnya masalah kesehatan. “Kalau belum disunat, saluran ujung kulitnya bisa jadi mampet. Misalnya, kalau dia pipis jadi balon, kasihan. Lagipula, kalau sekarang disunat, proses penyembuhannya lebih cepat,” katanya.

“Mungkin zaman dulu sama zaman sekarang beda. Zaman dulu kan mungkin belum pakai popok, kalau sekarang kan sudah pakai popok, sudah ketutup. Membersihkannya susah, harus benar-benar bersih banget," katanya.

Terlepas dari keputusan yang diambil oleh pasangan yang menikah pada 17 Agustus 2019 itu, memang sirkumsisi saat bayi memiliki sejumlah manfaat. Selain untuk kebersihan dan mencegah buang air kecil tidak normal, American Academy of Pediatrics menjabarkan lebih banyak lagi hal positif dari khitan pada bayi laki-laki yang baru lahir.

Beberapa manfaat sunat yang diteliti itu meliputi penurunan risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK), terutama pada tahun pertama kehidupan. Pasalnya, ISK yang parah atau berulang dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan sepsis (infeksi aliran darah).

Melansir dari situs Health Line, para dokter juga melihat bagaimana khitan saat bayi berhubungan erat dengan penurunan risiko tertular HIV serta beberapa penyakit lain yang ditularkan melalui kontak seksual.

“Tetapi penting untuk diingat bahwa sunat bukanlah pencegahan untuk infeksi menular seksual,” kata studi tersebut.

Lewat sirkumsisi pula sebuah studi pada 2008 menemukan adanya peningkatan sensitivitas seksual pada pria. Tentunya ini sangat baik bagi bayi yang kelak bertumbuh dewasa dan akan menikah serta ingin memiliki keturunan.

“Jadi, meskipun ini bisa menjadi hal yang tidak nyaman, tapi ada baiknya menjadi pertimbangan para orang tua untuk sirkumsisi anak saat bayi,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro