Ilustrasi/Hooplaha
Health

Aktivitas Terbatas Bisa Bikin Stres. Ini Tips Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Annisa Sulistyo Rini
Minggu, 4 Oktober 2020 - 11:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona mendorong banyak negara untuk membatasi kegiatan masyarakat sebagai upaya menekan angka infeksi.

Hal ini pun berdampak pada banyak aspek, misalnya bekerja lebih banyak dari rumah, sekolah online, dan kontak fisik dengan anggota keluarga serta teman yang berkurang signifikan.

Adaptasi pada hal-hal baru, mengatasi kekhawatiran tertular virus, serta mengkhawatirkan orang-orang tersayang bisa sangat menantang, khususnya bagi kesehatan mental.

Untungnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi dan menolong sesama yang membutuhkan dukungan lebih. Ini dia cara menjaga kesehatan mental selama pandemi seperti dilansir oleh WHO:

1. Bangun rutinitas, bisa dengan menjaga jadwal yang sudah ada atau membuat yang baru, contohnya:
- Tidur dan bangun pada jam yang teratur setiap hari.
- Menjaga kebersihan diri sendiri.
- Makan makanan sehat secara teratur.
- Olahraga secara teratur.
- Alokasikan waktu untuk bekerja dan istirahat yang cukup.
- Menyempatkan waktu untuk hal-hal yang disukai.

2. Jaga kontak sosial
Jika kontak secara fisik dibatasi, usahakan untuk tetap menjaga kontak dengan orang-orang terdekat lewat media lain, seperti telepon dan jalur online.

3. Mengurangi konsumsi alkohol
Asupan alkohol harus dikurangi atau bahkan tidak dikonsumsi sama sekali. Jika anda belum pernah minum alkohol, maka sebaiknya jangan mencobanya. Hindari mengonsumsi alkohol sebagai cara untuk mengatasi ketakutan, rasa cemas, bosan, dan isolasi sosial.

Pasalnya, tidak ada bukti bahwa alkohol bisa melindungi diri kita dari infeksi virus. Justru fakta yang ada menunjukkan hal sebaliknya karena konsumsi alkohol dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan hasil pengobatan yang lebih buruk.

Selain itu, penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang bisa menjauhkan kita dari pencegahan infeksi Covid-19 yang cukup, misalnya kepatuhan terhadap kebersihan tangan.

4. Tetap terinformasi, tapi batasi yang membuat tertekan
Untuk tetap mendapatkan informasi, kita bisa mendengarkan dari otoritas nasional maupun lokal. Ikuti berita terkini dari jaringan berita yang terpercaya.

Namun, untuk berita yang membuat kita cemas atau tertekan, lebih baik dibatasi. Carilah informasi pada jam-jam spesifik, sekali atau dua kali sehari jika diperlukan.

5. Jangan menatap layar terlalu lama
Batasi waktu yang dihabiskan di depan layar setiap hari. Pastikan untuk mengambil istirahat dari kegiatan rutin di depan layar dan menyeimbangkan kegiatan online dengan kegiatan offline sehari-hari.

6. Penggunaan sosial media
Menggunakan sosial media untuk mempromosikan dan menyebarkan hal-hal baik dan berguna.

7. Menolong sesama
Jika memungkinkan, berikan pertolongan kepada yang membutuhkan di lingkungan anda, misalnya dengan membantu memberikan makanan. Bisa juga memberikan support dan mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kerja serta pihak-pihak yang bekerja keras menangani pandemi melalui sarana online.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro