Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penemu Virus Hepatitis C Raih Penghargaan Nobel

Seperti yang disebutkan @NobelPrize di laman twitternya, berkat penemuan ini penyakit hepatitis sekarang sudah bisa disembuhkan karena telah ditemukan virus penyebab hepatitis
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  20:48 WIB
Nobel untuk penemu virus hepatitis C
Nobel untuk penemu virus hepatitis C

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan asal Amerika Serikat Harvey J. Alter dan Charles M. Rice beserta Michael Houghton asal Inggris mendapatkan Nobel bidang obat dan psikologi atas Penemuan Virus Hepatitis C.

Penghargaan tersebut diumumkan di Stockholm oleh Ketua Komite Penghargaan Nobel Thomas Perlmann, Senin (5/10/2020) dilansir dari foxnews.com.

Seperti yang disebutkan @NobelPrize di laman twitternya, berkat penemuan ini penyakit hepatitis sekarang sudah bisa disembuhkan karena telah ditemukan virus penyebab hepatitis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat lebih dari 70 juta kasus hepatitis di dunia dan 400.000 orang diantaranya meninggal setiap tahunnya. Penyakit ini merupakan penyakit kronis dan penyebab utama dari inflamasi hati dan kanker.

Penerima Nobel ini diberikan hadiah medali emas dan uang sebesar 10 juta Krona Swedia (setara 16 Miliar Rupiah lebih).

Penghargaan Nobel tahun ini menambahkan penghargaan di bidang psikologi atau pengobatan dikarenakan virus corona yang melanda dari akhir tahun 2019 lalu yang kemudian menjadi pandemi. Akibat pandemi ini pentingnya pengobatan bagi masyarakat dan perekonomian dunia sangat dirasakan.

Ini merupakan pengumuman pertama dan akan berlangsung selanjutnya hingga 12 Oktober mendatang. Penghargaan lain yang akan diumumkan yaitu bidang fisika, sastra, kimia, perdamaian dan ekonomi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hadiah nobel hepatitis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top