Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pecinta Kucing, Begini Caranya Komunikasi dengan Peliharaanmu

Melalui penelitian ini ditemukan bahwa kucing akan berkedip pelan ketika pemiliknya melakukan hal yang sama terlebih dahulu. Bahkan kucing akan menghampiri peneliti terlebih dahulu jika peneliti mengedipkan mata perlahan sebelumnya, respon yang berbeda akan di dapatkan jika peneliti hanya bermuka datar.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  16:44 WIB
Kucing - Shutterstock
Kucing - Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti dari Universitas Portsmouth dan Sussex, Inggris Raya menemukan bahwa kucing akan merespon baik saat manusia menyipitkan atau berkedip dengan lambat.

Jurnal penelitian ini bisa ditemukan melalui website nature.com yang berjudul Peran Gerakan Mengecilkan Mata Dalam Komunikasi Kucing dan Manusia dipublikasikan Senin (5/10/2020).

Melalui penelitian ini ditemukan bahwa kucing akan berkedip pelan ketika pemiliknya melakukan hal yang sama terlebih dahulu. Bahkan kucing akan menghampiri peneliti terlebih dahulu jika peneliti mengedipkan mata perlahan sebelumnya, respon yang berbeda akan di dapatkan jika peneliti hanya bermuka datar.

"Sebagai seseorang yang mempelajari perilaku hewan dan juga memelihara kucing, senang untuk bisa mengetahui bahwa manusia dan kucing bisa berkomunikasi seperti ini," ungkap Karen McComb, salah seorang peneliti dan juga profesor Psikologi Universitas Sussex dikutip dari foxnews.com.

"Ini adalah sesuatu yang sudah diduga pemilik kucing, dan senang bisa menemukan buktinya," tambah McComb.

Pemimpin penelitian ini Tasmin Humphrey, ilmuan perilaku binatang mengatakan hingga saat ini penelitian terhadap kucing masing jarang dibandingkan penelitian terhadap hewan peliharaan lainnya seperti anjing.

"Bisa dikatakan perkembangan perilaku kucing mengedipkan mata secara perlahan ini dikarenakan kucing menerima respon positif ketika manusia mengedipkan matanya secara perlahan," terang Humphrey.

Kucing seperti mempelajari bahwa ketika dia mengedipkan mata secara perlahan dia akan mendapatkan hadiah dari manusia. Humphrey menambahkan ada juga kemungkinan dengan kedipan yang lambat, kucing berupaya menghentikan tatapan yang lama karena biasanya perilaku tersebut berindikasi ancaman untuk mereka.

Melalui jurnal yang dipublikasikan nature.com juga dijelaskan bahwa perilaku ini akan menghadirkan suasana positif dan menenangkan untuk kucing. Perasaan yang sama dirasakan oleh kuda dan sapi saat kita mencoba mengelus dan tersenyum kepada mereka.

McComb kemudian menganjurkan bagi para pemilik kucing untuk mencoba berkomunikasi dengan mengedipkan mata perlahan.

"Ini adalah cara yang baik untuk mempererat hubungan Mu dengan kucing. Coba tatap kucing anda dari dekat lalu coba pejamkan mata perlahan sambil anda tersenyum selama beberapa detik. Kamu akan menemukan kucingmu melakukan hal yang sama, dan kamu akan merasakan sedang berkomunikasi dengannya," ujar McComb.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kucing hewan peliharaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top