Kulit di sekitar area mata sangat sensitif dan menjadi sinyal penunaan pada tubuh./ilustrasi
Health

Ini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Novita Sari Simamora
Senin, 12 Oktober 2020 - 07:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit yang berada di sekitar mata adalah yang paling tipis dan paling sensitif. Garis halus di sekitar mata menjadi tanda penuaan muncul pada tubuh.

Mengutip Times of India, Senin (12/10/2020), setiap orang perlu menjaga kesehatan kulit di bawah mata. Berikut panduan cara merawat kulit di sekitar mata Anda:

1. Berkomitmen untuk merawat kulit mata Anda

Krim mata adalah salah satu hal yang biasanya dilupakan orang dan tidak terlalu sering digunakan. Krim mata bisa melembabkan area sekitar mata dan memberikan hidrasi yang dibutuhkan mata Anda.

2. Jangan mengandalkan pelembab biasa untuk mata Anda

Banyak orang menggunakan pelembab biasa untuk mata mereka dan itu adalah cara yang salah. Anda membutuhkan krim mata yang dirancang khusus untuk kulit di sekitar mata. Serum dan pelembab wajah mengandung bahan aktif seperti retinoid yang konsentrasinya terlalu kuat untuk kulit bawah mata.

3. Pilih krim mata Anda dengan hati-hati

Kulit di sekitar mata Anda terlalu lembut, tetapi bukan berarti Anda membutuhkan pelembap yang lembut. Krim mata terbaik harus mengandung retinol, turunan vitamin A. Krim mata yang mengandung bahan ini akan berbeda dari krim wajah khas dengan retinol.

Belilah krim mata yang memiliki konsentrasi retinol lebih rendah karena akan membantu meningkatkan hidrasi sekaligus mengurangi risiko iritasi.

4. Bagaimana mengatasi lingkaran hitam

Lingkaran hitam sering kali bisa menjadi penyebab kurang tidur. Faktor genetik juga menjadi penyebab adanya lingkaran hitam. Ini sulit untuk dihapus seluruhnya, vitamin K dapat membantu sirkulasi untuk meringankan lingkaran di bawah mata Anda.

5. Perubahan pola makan dan gaya hidup yang dapat membantu Anda menyingkirkan masalah mata

Pastikan Anda tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam. Minum cukup air sepanjang hari. Mengonsumsi makanan yang mengandung natrium juga bisa memicu bengkak pada bagian bawah mata.

Anda juga harus menjaga retensi air dengan mengurangi asupan garam dalam makanan Anda. Kebiasaan kesehatan yang buruk seperti merokok juga dapat menyebabkan masalah mata. Jadi pastikan Anda pada akhirnya menyingkirkan kebiasaan apa pun yang dapat memengaruhi mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro