Ilustrasi/Hrinasia
Relationship

5 Jenis Karakter Bos di Kantor

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 16 Oktober 2020 - 20:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Atasan adalah tokoh kunci yang menentukan motivasi Anda dalam bekerja. Apakah Anda mengalami hari yang baik atau buruk, itu sepenuhnya didasarkan pada lingkungan yang diciptakan bos Anda. Bisa dikatakan, ada berbagai jenis bos yang memiliki pendekatan berbeda dalam bekerja dengan karyawannya.

Sementara beberapa bos kooperatif dan pengertian, yang lain hanya ambisius dan visioner. Ada juga bos yang meluangkan waktu dalam menangani situasi dibandingkan dengan pemimpin yang cepat mengambil keputusan.

Jika Anda adalah seseorang yang masih bertanya-tanya tentang bos seperti apa yang Anda miliki, dikutip dari Times of India, Jumat (16/10/2020), berikut adalah daftar jenis bos paling umum yang ada di berbagai perusahaan dan institusi bersama dengan serangkaian pro dan kontra mereka.

1. Bos visioner

Para Visioner adalah tipe bos yang banyak bermimpi tentang masa depan perusahaan mereka. Mereka memiliki kemampuan untuk menilai dan menganalisis potensi perusahaan mereka dan dapat bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan mereka. Yang mereka butuhkan hanyalah sekumpulan tim yang hebat yang dapat menghasilkan ide dan cara inovatif untuk memenuhi ambisinya.

Kelebihan: Kualitas kepemimpinan yang ambisius, pekerja keras dan baik.
Kekurangan: Terlalu banyak ekspektasi dan terkadang untuk mencapai impian futuristiknya, mereka melupakan prospeknya saat ini.

2. Pemimpin yang berpengalaman

Jika atasan Anda mengetahui cara kerjanya di perusahaan dan memahami teknis dunia profesional, itu menunjukkan bahwa mereka berpengalaman dan sepenuhnya sadar akan lingkungan kerja mereka. Bos jenis ini telah lama bekerja di perusahaan yang sama dan karenanya, memiliki pemahaman yang jelas tentang di mana masa depan perusahaan berada.

Kelebihan: Keterampilan antisipasi yang hebat. Dia memiliki keterampilan manajerial dan profesional yang sangat baik.

Kekurangan: Terlalu banyak pengalaman dapat menyebabkan ketidaktahuan dalam hal lain dan juga memicu kesombongan.

3. Atasan yang blak-blakan dan ramah

Jika atasan Anda berusaha keras untuk melibatkan karyawannya atau mencoba berbaur dengan timnya, maka dia pasti adalah kepribadian yang blak-blakan dan ramah. Mereka mencoba dan memelihara hubungan yang ramah dengan karyawan mereka untuk memastikan ruang yang ramah di kantor.

Kelebihan: Mudah didekati dan ramah. Simpatik dan juga memahami kebutuhan karyawan mereka.

Kekurangan: Kurangnya kritik yang membangun. Ketidakmampuan untuk menarik garis antara kehidupan pribadi dan profesional.

4. Pengambil keputusan yang cepat

Dalam dunia profesional, seringkali ada kalanya atasan harus membuat pilihan yang sulit dan bahkan mungkin harus melukai perasaan orang demi kepentingan perusahaan. Jika atasan Anda adalah seseorang yang jernih tentang pikirannya dan tidak menghadapi masalah dalam membuat pilihan, maka mereka adalah tipe pembuat keputusan yang cepat.

Kelebihan: Tindakan segera, kemampuan untuk mengambil risiko dan lebih banyak kekuatan dan kendali atas kehidupan profesional seseorang

Kekurangan: Kemungkinan risiko lebih tinggi.

5. Para pecandu kerja 

Beberapa bos sangat berdedikasi pada pekerjaan mereka dan sangat bertekad untuk mencapai target yang ditetapkan. Oleh karena itu, selama proses kerja ini, mereka menjadi pecandu kerja yang tidak bisa lepas dari dunia profesionalnya. Dengan demikian, mereka juga menciptakan lingkungan kerja yang sangat menegangkan dan juga sangat produktif.

Kelebihan: Bertekad, berorientasi pada pekerjaan dan pekerja keras.

Kekurangan: Ketidakmampuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja. Stres dan mungkin mengalami kelelahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro