Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Merawat Legging Dengan Benar

Membalikkan legging saat mencuci menjadi strategi untuk menjaga celana tersebut tetap memiliki warna yang awet.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  13:59 WIB
Cara merawat legging. - ilustrasi
Cara merawat legging. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap orang  biasanya memiliki legging hitam yang selalu digunakan saat berolahraga.  Namun, terlepas dari betapa fleksibel dan elastisnya mereka, sayangnya legging itu juga cepat rusak.

Karena kita semua ingin tahu cara memperpanjang masa pakai celana legging. Dikutip dari Realsimple.com, Rabu (28/10/2020), Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, salah satu pendiri The Laundress, dan Val Oliveira, pendiri Val's Services memberikan beberapa tips tentang bagaimana membuat legging bertahan selama mungkin.

1. Jangan berlebihan

Frekuensi pencucian untuk legging adalah salah satu yang diperdebatkan. Whiting menuturkan bahwa semakin jarang Anda mencuci pakaian, semakin lama pakaian tersebut akan awet. Jika Anda kembali dari yoga atau lari maraton (atau olahraga ekstensif lainnya), legging Anda tak perlu sering dicuci.

“Selama Anda tidak banyak berkeringat atau berolahraga, legging bisa dipakai tiga hingga empat kali sebelum waktunya mandi,” kata Whiting.

2. Lakukan tindakan pencegahan kerusakan yang tepat saat mencuci

Saat Anda memilih untuk mencuci, ada beberapa hal yang perlu diingat. Oliveira merekomendasikan memulai dengan deterjen berbasis pakaian aktif, seperti Hex Performance Laundry Detergent peregangan. “Legging biasanya terbuat dari campuran kain spandeks, nilon, dan kapas yang rentan terhadap kehilangan elastisitas dan tersangkut, terutama selama siklus pencucian,” kata Boyd.

“Selalu cuci dengan sistem halus, air dingin (untuk menghindari penyusutan), dan putaran rendah. Kantong cuci jala, juga dapat melindunginya dari tersangkut di dalam drum mesin.”

Oliveira juga merekomendasikan untuk membalikkan legging Anda sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Langkah sederhana ini akan membantu warna Anda tetap berwarna lebih lama.

3. Hindari pelembut kain

 Pelembut kain adalah kryptonite untuk legging. “Hal ini terutama berlaku jika legging Anda terbuat dari bahan anti lembap seperti spandeks atau polyester," kata Whiting. 

"Kebanyakan pelembut kain mengandung silikon yang dapat menurunkan efisiensi daya serapnya, sifat menyerap kelembapan."

Jika legging Anda memiliki bau menyebalkan, dia merekomendasikan untuk merendam legging dalam bak mandi seperempat cangkir cuka dan air dingin selama 30 menit sebelum dicuci. “Sifat cuka yang menyerap bau dan melawan bakteri akan memberi legging Anda dorongan ekstra bersih dan membantu menghilangkan bau dari keringat. ”

4. Hindari pengering

Hindari pengering dan keringkan pakaian Anda dengan udara, "Panas yang tinggi dari pengering dapat melengkungkan setiap helai serat dari legging Anda dan melemahkan bahannya, yang menyebabkan robekan dan lubang permanen," kata Oliveira.

Ingatlah bahwa berat air dapat meregangkan legging Anda saat dijemur, jadi Anda harus meletakkannya mendatar untuk menjaga elastisitasnya dan mencegah lengkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakaian Cuci Pakaian
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top