Mencuci tangan
Health

Perhatian! Kombinasi 3M Tekan Risiko Penularan Covid-19 hingga 99,99 Persen

Mutiara Nabila
Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. 

“Ternyata 3M [memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak] sangat ampuh untuk menurunkan penularan Covid-19,” kata Ketua Bidang Informasi dan Data Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah, dalam konferensi pers, Kamis (29/10/2020).

Dia menyebutkan rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir bisa menurunkan risiko 35 persen. Kemudian, memakai masker kain 3 lapis bisa menurunkan risiko sampai 45 persen. Sementara itu, memakai masker medis bisa menurunkan risiko penularan sampai 70 persen. 

“Selanjutnya, kalau dikombinasikan dengan menjaga jarak bisa menurunkan risiko sampai 85 persen. Kalau semua dilakukan bersama dan secara kolektif dapat mengurangi risiko penularan sampai 99,99 persen,” kata Dewi. 

Lebih lanjut, Dewi menjelaskan bahwa virus SARS CoV2 sangat cepat menyebarnya dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu masyarakat harus patuh dan disiplin protokol kesehatan jika ingin kembali beraktivitas seperti biasa. 

“Sebelum ke luar rumah juga bisa dilihat kondisi di lapangan, bagaimana kedisiplinan masyarakat, apakah ada potensi kerumunan, dan bagaimana kepatuhan institusi/lembaga dalam menjalankan 3M,” tegasnya. 

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny B. Harmadi mengatakan bahwa sejauh ini ada peningkatan kepatuhan masyarakat terhadap 3M, tetapi tak semua poin, melainkan hanya pakai masker dan jaga jarak. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2020 sampai dengan September 2020 kepada sekitar 90.000-an responden, tercatat ada kenaikan untuk penggunaan masker, cukup siginifikan dari 80 persen menjadi 91 persen. 

Sementara itu, kebiasaan cuci tangan justru turun sedikit, dari 75 persen menjadi 73 persen. Sementara itu jaga jarak hanya naik sedikit, sekitar 1-2 persen. 

“Dari 3M itu tadi yang paling rendah angkanya adalah menjaga jarak,” ungkap Sonny. 

Dia mengatakan bahwa ketidakpatuhan masyarakat 3M adalah konsisten dari semua negara, karena tidak adanya sanksi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro