Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Orang Tua Disarankan Berbagi Keresahan dengan Guru Dalam Proses Belajar Anak

Kondisi stres tersebut seharusnya tidak boleh ditunjukkan di depan anak lho. Orang tua disarankan untuk berbagi keresahan mengenai perkembangan anak di sekolah dengan guru.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  14:59 WIB
Psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan - Youtube
Psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Proses belajar daring di masa pandemi seperti sekarang ini bagi sebagian orang tua cukup membuat pusing dan stres.

Nah bagi Ayah-Bunda, kondisi stres tersebut seharusnya tidak boleh ditunjukkan di depan anak lho. Orang tua disarankan untuk berbagi keresahan mengenai perkembangan anak di sekolah dengan guru.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi daya tekan orang tua terhadap anak dalam proses belajar mengajar.

"Kalau stres, jangan menunjukkan stres di depan anak karena anak-anak melihat, jadi kita harus positif diri dulu sebelum berhadapan dengan anak," kata psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan, dalam diskusi virtual bertema "Covid-19 dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini" di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (24/10/2020)

"Orang tua tidak boleh cemas atau takut dan tetap tenang (selama masa pandemi) karena itu akan mengubah hubungan kita dengan anak. Kedua tetap melakukan protokol yang disarankan oleh pemerintah, karena orang tua adalah guru bagi anak, kalau orang tua melakukan yang baik, nanti anak akan meniru."

"Orang tua juga harus terbuka dengan anak. Untuk anak yang masih sekolah, orang tua jangan lupa berhubungan dengan guru, karena guru juga tokoh yang penting sekali terhadap tumbuh kembang anak, jadi kalau ada kesulitan bisa diketahui dari awal, tanpa melampaui batas tekan kepada anak. Jadi kalau sudah berhubungan dengan guru, anak akan terbantu dalam perjalanan di sekolahnya."

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top