Ilustrasi Depresi/Istimewa
Relationship

Picu Depresi, Ini 4 Tips Atasi Kecanduan Medsos

Desyinta Nuraini
Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan media sosial dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan penelitian baru-baru ini, menyebut media sosial dapat berkontribusi pada gejala depresi, terutama bagi para remaja.

Lea Lis, seorang psikiater bersertifikat dengan praktik klinis di Southampton, New York mengatakan memang media sosial tidak secara langsung menyebabkan depresi, tetapi dapat memfasilitasi kebiasaan yang menyebabkannya. Saat terlibat di media sosial, mudah untuk begadang, menjadi terganggu, dan mengabaikan tanggung jawab.

"Media sosial berkontribusi pada hal-hal itu dan sebagai tambahan, hal tersebur juga berkontribusi pada depresi," ujarnya seperti dilansir dari Insider, Jumat (30/10/2020).

Dalam sebuah penelitian besar di Kanada terhadap siswa kelas tujuh pada 2019 lalu, para peneliti menemukan bahwa untuk setiap jam yang dihabiskan di media sosial, gejala depresi seperti merasa kesepian, sedih, dan putus asa meningkat secara signifikan.

Meskipun media sosial tidak secara langsung menyebabkan depresi, media sosial justru memicu emosi dan aktivitas. Dari "doom scrolling" hingga kurangnya aktivitas fisik, inilah cara media sosial mengaktifkan gejala depresi.

Oleh karena itu, berikut 4 tips yang dapat membantu Anda mengurangi aktivitas di media sosial yang memicu depresi :

1. Matikan Notifikasi

Coba matikan notifikasi untuk semua aplikasi, termasuk email dan teks. Tanpa pengingat konstan ini, Anda mungkin dapat membatasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial.

2. Tetapkan batas waktu

Menetapkan batas seberapa sering Anda menggunakan aplikasi media sosial akan menyebabkan peringatan muncul ketika Anda telah melewati waktu yang ditentukan. Mengikuti batasan ini dapat membantu mengurangi waktu Anda menatap layar.

3. Bersikaplah selektif

Alih-alih terhubung dengan semua orang di media sosial, Saltz merekomendasikan untuk berfokus pada beberapa hubungan yang kuat. Kemudian, atur waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman ini secara langsung, di luar batasan digital.

4. Gunakan media sosial dengan penuh perhatian

Carilah platform dan interaksi positif, seperti aplikasi meditasi atau berbicara dengan teman, dan habiskan lebih sedikit waktu mengikuti orang-orang yang selalu Anda bandingkan dengan diri Anda seperti selebriti atau model.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro