Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Menjaga Semangat Dalam Berkarier

Coba renungkan dan putuskan pekerjaan seperti apa yang benar-benar kamu inginkan dan dapat membuatmu bersemangat dan positif.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  15:33 WIB
Ilustrasi - 91engagement
Ilustrasi - 91engagement

Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah pandemi, tantangan yang kita hadapi setiap hari tidak menjadi semakin mudah.

Kondisi ini turut mempengaruhi cara kita menyikapi hidup dan dengan kondisi yang penuh ketidakpastian, sulit rasanya untuk menjaga sikap positif dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Berikut beberapa tips untuk bisa terus bersikap positif dari Psikolog Theresia Ceti Prameswari bagi pekerja yang sedang menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, maupun yang sedang mencari kerja, seperti dikutip melalui JobStreet.

1. Kenali dirimu

Agar kamu bisa bersikap positif, hal pertama dan paling penting yang harus dilakukan adalah mengenali dirimu dan mengetahui apa yang kamu mau. Banyak orang belum tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang dapat membuat mereka bersemangat, dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Untuk membantu kamu bisa bersikap lebih positif dalam hidup, renungkan dan putuskan pekerjaan seperti apa yang benar-benar kamu inginkan dan dapat membuatmu bersemangat. Jika diperlukan, jangan enggan meminta bantuan orang lain untuk bisa lebih mengenali dirimu.

Webinar atau online class juga bisa menjadi pilihan yang dapat membantumu menemukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kenali dirimu, ketahui tujuanmu, dan rasakan hal positif dalam dirimu.

2. Cari kesenjangan

Setelah lebih mengenali diri, perhatikan kembali hidup kamu dan cari tahu apakah ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Coba perhatikan apakah yang kamu lakukan sekarang sudah sesuai dengan harapan, atau paling tidak sudah mengarah ke sana. Sikap kurang positif bisa timbul karena adanya kesenjangan tersebut.

Tanyakan kembali dirimu, apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup? Apa yang benar-benar bisa membuat kamu bahagia? Temukan kesenjangan tersebut dan lakukan perubahan.

3. Ambil tindakan

Setelah mengetahui kesenjangan dan yakin akan sumber kebahagiaan, lakukan apa yang perlu untuk menggapai harapan kamu. Penerapan ide dan usaha mencapai tujuan dapat memberikan semangat yang positif. Jangan sungkan meminta bantuan dan pendapat orang lain dalam mendapatkan ide dan masukan.

Selanjutnya, menurut Theresia, terdapat empat bagian yang perlu disiapkan dalam diri kita saat bekerja atau mencari kerja:

1. Body (tubuh): Siapkan fisik kamu untuk melakukan aktivitas bekerja.

2. Mind (pikiran): Siapkan pikiran untuk bekerja sesuai kapabilitas dan kompetensi.

3. Heart (hati): Siapkan hati untuk bekerja di tempat di mana kamu dihargai.

4. Soul (jiwa): Siapkan jiwa kamu dalam mencari makna dari pekerjaan yang kamu lakukan.

Memang tidak mudah bagi mereka yang pekerjaannya terdampak oleh pandemi untuk bisa terus memiliki sikap yang positif.

Namun, cobalah untuk mempertahankan sikap positif. Bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, sikap positif dapat membantu mengendalikan emosi dengan lebih baik serta membantu untuk bangkit kembali setelah penolakan saat melamar pekerjaan baru.

Bagi yang saat ini diharuskan bekerja di rumah, mempertahankan sikap positif dapat membantu kamu untuk tetap produktif dan mencegah kamu dari merasakan tekanan berlebihan.

“Apapun yang kamu lakukan dapat menjadi lebih baik dengan sikap yang positif. Teruslah produktif dan bersyukur untuk kesempatan yang kamu dapatkan setiap harinya. Hasil terbaik niscaya kamu dapatkan,” ujar Faridah Lim, Country Manager JobStreet Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja semangat Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top