Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Tingkatkan Produktivitas Kerja saat WFH

WFH bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika mereka sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil yang akan mendistraksi orang tua untuk mengurus keluarganya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 November 2020  |  16:48 WIB
Ilustrasi - Gettingbalance
Ilustrasi - Gettingbalance

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari separuh dunia telah beradaptasi dengan cara bekerja-dari-rumah (WFH) selama tujuh bulan lebih sejak pandemi corona melanda.

WFH bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika mereka sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil yang akan mendistraksi orang tua untuk mengurus keluarganya.

Atau juga gangguan lain di rumah yang akan membuat produktivitas Anda mungkin saja menurun.

Agar WFH Anda lebih bermakna dan bisa meningkatkan produktivitas, berikut beberapa tips yang bisa Anda adopsi seperti dilansir dari Times of India

1. Buat ruang kerja dengan cukup cahaya

Ruang yang sempit dan kurang penerangan menghasilkan ketegangan mata yang lebih besar. Menurut pakar interior Smita Ramchandani, “Kombinasi yang ideal adalah memiliki cahaya alami dan cahaya buatan, sehingga Anda dapat memilih keduanya. Untuk sentuhan estetika, pilih lampu lantai yang tinggi. ”

2. Minimalis

Ide bagus untuk membuat ruang kantor di rumah yang fungsional adalah dengan dekorasi minimalis. Memiliki hal-hal penting di sekitar Anda terkadang dapat berdampak maksimal pada hasil pekerjaan Anda. Minimalis berarti memiliki detail desain yang lebih sedikit.

3. Ubah dapur menjadi nyaman

Jika Anda hanya memiliki dapur sebagai satu-satunya ruang yang tersedia untuk bekerja, jangan meringis dulu. Mungkin bukan ide yang buruk untuk bekerja di sana. Pastikan Anda membersihkannya sebelum memulai. Dapur juga merupakan ruang yang tepat di mana Anda mungkin tidak akan diganggu oleh orang lain. Tambahkan camilan di tangan saat Anda bekerja sehingga membantu rasa lapar itu juga. Jika Anda menemukan area meja terlalu kecil, perpanjang meja dapur beberapa kaki dengan meja lipat.

4. Manfaatkan balkon

Punya ruang tamu yang lebih kecil? Gunakan balkon untuk ruang kantor. Siapkan kotak sakelar untuk dicolokkan ke gadget Anda. Cuaca tepat untuk saat ini saat kita memasuki musim dingin. Ambil laptop dan telepon dan pergilah ke balkon untuk mengubah pemandangan. Jika itu adalah balkon terbuka dengan hanya pemanggang, bahkan lebih baik. Sakelar dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.

5. Taruh tanaman di sekitar

Studi mengatakan bahwa tanaman menambah perasaan zen saat meredakan stres dan kecemasan. Perkenalkan tanaman hijau ke meja kerja Anda untuk tambahan yang menyenangkan.

6.Dinding bernuansa hangat

Ingin meningkatkan mood WFH? Mengapa tidak mengecat salah satu dinding dengan nuansa hangat dan ceria seperti karat, kuning, atau persik. Ini menambahkan beberapa semangat ke ruang. Warna-warna seperti hijau dan biru juga dapat merevitalisasi pikiran dan meningkatkan produktivitas. Seimbangkan warna yang lebih cerah dengan warna lembut seperti putih pudar, biru tua, atau abu-abu.

7. Miliki papan tulis

Ini bisa menjadi aset berharga di ruang WFH Anda. Daripada memiliki sejumlah buku untuk dicatat cukup tempel papan tulis di dinding Anda. Gunakan itu untuk menulis rencana yang harus dilakukan hari itu.

8. Duduklah di dekat jendela

Menempatkan kursi kerja Anda di dekat jendela seharusnya menjadi tip feng shui yang baik. Ini tidak hanya memberikan cahaya yang lebih baik dan jumlah Vitamin D yang cukup, tetapi melihat keluar secara berkala akan membuat mata dan pikiran Anda istirahat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

profesional Tips Karir Work From Home
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top