Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usia 78 Tahun, Haji Bolot Mengaku Tak Pernah Sakit. Ini 3 Tips Hidupnya

Haji Bolot bercerita pernah dipanggilkan dokter oleh keluarganya karena merasa tidak enak badan. Namun, dia menolak diperiksa dan meminta agar dokter tersebut disuruh pulang.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 01 November 2020  |  14:09 WIB
Komedian Haji Bolot. - Youtube
Komedian Haji Bolot. - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak kecil hingga berumur 78 tahun, komedian Haji Bolot mengaku belum pernah mengalami sakit serius. Bahkan, pemilik nama asli Muhammad Sulaeman Harsono itu belum pernah berobat ke dokter.  

Haji Bolot menyampaikan bahwa sepanjang hidupnya ini belum pernah merasakan suntik dan diresepkan obat oleh dokter, apalagi berobat ke rumah sakit.  

"Saya belum pernah sakit. Belum pernah merasakan obat dokter, belum pernah merasakan suntikan dokter," ujar Haji Bolot saat berbincang dengan Deddy Corbuzier yang diunggah di Youtube seperti dikutip Bisnis, Minggu (1/11/2020).

Deddy pun bertanya apabila sakit apa yang dilakukan? Haji Bolot pun menjawab paling mengonsumsi obat yang dibeli dari toko kelontong. "Obat yang harganya seribuan itu. Obat flu gitu. Alhamdulillah sembuh," katanya.

Dia bercerita pernah dipanggilkan dokter oleh keluarganya karena merasa tidak enak badan. Namun, dia menolak diperiksa dan meminta agar dokter tersebut disuruh pulang. "Udah dibayar saja. Ongkosin, suruh dia [dokter] pulang," tegasnya.

Pria yang memiliki anak 10 ini mengaku menjaga kesehatan dengan hidup sederhana dan tidak berbuat macam-macam. Menurutnya, ada tiga prinsip hidup yang dilakoninya.

Pertama, tidak terlalu ambisi dalam menjalani hidup. "Kita jadi artis ambisi cepat naik atau jadi pejabat pengin pangkat. Satu itu, jangan ambisi," tuturnya.

Kedua, jangan memiliki sifat syirik atau iri hati. "Temen kita, saudara kita, punya apa, silahkan. Karena milik dia."

Ketiga, banyak melakukan sedekah. "Manusia hidup harus banyak sedekah. Kita mendapatkan duit umpama seribu perak, itu hak orang ada di situ. Itu yang harus kita keluarkan 2,5%. Itu kuncinya. Itu menjauhkan dari penyakit," tuturnya.    

Menurutnya, sehat itu tidak hanya didapatkan dari olahraga, tetapi juga dari pikiran. Silahturahmi atau ngobrol dengan orang, sambungnya, bagian dari olahraga, karena tertawa membuat bahagia sehingga membuat badan sehat.

Haji Bolot lahir di Bogor pada 5 Maret 1942. Dia memiliki 10 anak dan sejumlah cucu. Semua anaknya sudah berumah tangga. 

Dia memulai karir sebagai pelawak sejak 1963 dengan menjadi pemain lenong Betawi. Dari setiap lawakannya, Haji Bolot memerankan seorang yang budeg dan hanya dapat mendengar kalau berhubungan dengan wanita atau uang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komedi Pelawak Haji Bolot
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top