Komedian Haji Bolot./Youtube
Entertainment

Usia 78 Tahun, Haji Bolot Mengaku Tak Pernah Sakit. Ini 3 Tips Hidupnya

Hendri Tri Widi Asworo
Minggu, 1 November 2020 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak kecil hingga berumur 78 tahun, komedian Haji Bolot mengaku belum pernah mengalami sakit serius. Bahkan, pemilik nama asli Muhammad Sulaeman Harsono itu belum pernah berobat ke dokter.  

Haji Bolot menyampaikan bahwa sepanjang hidupnya ini belum pernah merasakan suntik dan diresepkan obat oleh dokter, apalagi berobat ke rumah sakit.  

"Saya belum pernah sakit. Belum pernah merasakan obat dokter, belum pernah merasakan suntikan dokter," ujar Haji Bolot saat berbincang dengan Deddy Corbuzier yang diunggah di Youtube seperti dikutip Bisnis, Minggu (1/11/2020).

Deddy pun bertanya apabila sakit apa yang dilakukan? Haji Bolot pun menjawab paling mengonsumsi obat yang dibeli dari toko kelontong. "Obat yang harganya seribuan itu. Obat flu gitu. Alhamdulillah sembuh," katanya.

Dia bercerita pernah dipanggilkan dokter oleh keluarganya karena merasa tidak enak badan. Namun, dia menolak diperiksa dan meminta agar dokter tersebut disuruh pulang. "Udah dibayar saja. Ongkosin, suruh dia [dokter] pulang," tegasnya.

Pria yang memiliki anak 10 ini mengaku menjaga kesehatan dengan hidup sederhana dan tidak berbuat macam-macam. Menurutnya, ada tiga prinsip hidup yang dilakoninya.

Pertama, tidak terlalu ambisi dalam menjalani hidup. "Kita jadi artis ambisi cepat naik atau jadi pejabat pengin pangkat. Satu itu, jangan ambisi," tuturnya.

Kedua, jangan memiliki sifat syirik atau iri hati. "Temen kita, saudara kita, punya apa, silahkan. Karena milik dia."

Ketiga, banyak melakukan sedekah. "Manusia hidup harus banyak sedekah. Kita mendapatkan duit umpama seribu perak, itu hak orang ada di situ. Itu yang harus kita keluarkan 2,5%. Itu kuncinya. Itu menjauhkan dari penyakit," tuturnya.    

Menurutnya, sehat itu tidak hanya didapatkan dari olahraga, tetapi juga dari pikiran. Silahturahmi atau ngobrol dengan orang, sambungnya, bagian dari olahraga, karena tertawa membuat bahagia sehingga membuat badan sehat.

Haji Bolot lahir di Bogor pada 5 Maret 1942. Dia memiliki 10 anak dan sejumlah cucu. Semua anaknya sudah berumah tangga. 

Dia memulai karir sebagai pelawak sejak 1963 dengan menjadi pemain lenong Betawi. Dari setiap lawakannya, Haji Bolot memerankan seorang yang budeg dan hanya dapat mendengar kalau berhubungan dengan wanita atau uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro