Sel kanker/Istimewa
Health

Ini Makanan yang Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Novita Sari Simamora
Senin, 9 November 2020 - 08:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gaya hidup khususnya pola konsumsi bisa menimbulkan  penyakit kanker pada tubuh. Hal tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan.

Mengutip dari Healthline, Senin (9/11/2020). mengonsumsi makanan yang cepat saji bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kanker sangat dipengaruhi oleh pola makan Anda.

Berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko kanker pada tubuh:

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran ini memiliki sifat antikanker yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75 persen.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengobati tikus dengan sulforaphane membantu membunuh sel kanker prostat dan mengurangi volume tumor hingga lebih dari 50 persen.

Mengkonsumsi brokoli dengan beberapa kali makan per minggu mungkin memiliki beberapa manfaat melawan kanker. Namun, perlu diingat bahwa penelitian yang tersedia belum melihat secara langsung bagaimana brokoli dapat memengaruhi kanker pada manusia.

2. Wortel

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak wortel dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu. Ada lima penelitian yang menyimpulkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 26 persen.

Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi wortel yang lebih banyak bisa mengurangi potensi kanker prostat.

Dalam studi yang lain, sebanyak 1.266 peserta dengan dan tanpa kanker paru-paru ditemukan bahwa perokok yang tidak makan wortel tiga kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru, dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih dari sekali per minggu.

3. Buncis

Kacang memiliki banyak serat dan dapat membantu melindungi terhadap kanker kolorektal. Dalam studi, kacang bisa menurunkan risiko kambuhnya tumor kolorektal.

Selain itu, beberapa porsi buncis setiap minggu dapat meningkatkan asupan serat dan membantu menurunkan risiko terkena kanker.

4. Berries

Buah beri tinggi antosianin, yang berperan sebagai sifat antioksidan dan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Dalam satu penelitian pada manusia, 25 orang dengan kanker kolorektal diobati dengan ekstrak bilberry selama tujuh hari, yang ternyata dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker hingga 7 persen

5. Kayu manis

Kayu manis terkenal dengan manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya untuk mengurangi gula darah dan meredakan peradangan hingga membantu menghalangi penyebaran sel kanker.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak kayu manis mampu mengurangi penyebaran sel kanker kepala dan leher yang menyebabkan kematiannya.

6. Kacang

Penelitian telah menemukan bahwa makan kacang bisa menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh kanker. Studi lain yang mengikuti 30.708 peserta hingga 30 tahun, telah menemukan bahwa makan kacang secara teratur bisa  menurunkan risiko colorec.

7. Tomat

Tomat mengandung likopen. Likopen adalah senyawa yang ditemukan dalam tomat yang bertanggung jawab atas warna merah cerah serta sifat antikankernya.

Beberapa studi telah menemukan bahwa peningkatan asupan likopen dan tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Untuk membantu menjaga kesehatan Anda, maka konsumsilah dua potong tomat dalam makanan Anda setiap hari, misalnya dengan menambahkan ke sandwich, salad, saus, atau hidangan pasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro