Cerpelai dimusnahkan karena terinfeksi virus corona (Covid-19)./ilustrasi
Health

WHO Memberikan Informasi Terbaru Mutasi Strain Corona Cerpelai, Seberapa Serius?

Syaiful Millah
Rabu, 11 November 2020 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus corona baru penyebab Covid-19 terus bermutasi dan menyebar di antara hewan dan manusia. Ketakutan baru-baru ini muncul ketika terungkap bahwa strain virus yang bermutasi telah menemukan jalannya ke cecrpelan di enam negara.

Telah dipastikan bahwa cerpelai terinfeksi setelah terpapar oleh virus dari manusia yang terinfeksi. Selain itu, strain virus dari cerpelan juga dapat menular ke manusia. Jadi hubungan bisa saling menularkan satu sama lain.

Dijelaskan oleh World Health Organization (WHO), cerpelai bertindak sebagai reservoir dari virus SARS-CoV-2, menyebarkan virus di antara mereka, dan menimbulkan risiko penyebaran virus corona dari hewan ke manusia.

Dilansir Express UK, Rabu (11/11/2020) penularan kembali ke manusia telah dilaporkan di Denmark. Statens Serum Institute, otoritas kesehatan masyarakat Denmark telah melaporkan beberapa varian virus corona baru yang teridentifikasi berasal dari cerpelai.

Oleh sebab itu, otoritas kesehatan setempat telah membunyikan lonceng peringatan tentang satu set mutasi pada varian yang disebut ‘cluster 5’, yang setidaknya telah dikonfirmasi menginfeksi sedikitnya 12 orang.

Perhatian utamanya adalah bahwa varian tersebut dapat membuat potensi vaksin virus corona menjadi kurang efektif. Namun, penelitian ini hanya pendahuluan dan tidak ada bukti nyata yang menunjukkan hal tersebut akan menimbulkan ancaman lebih parah.

Kabar terbaru datang dari WHO yang mengatakan pengamatan awal menunjukkan bahwa presentasi klinis, tingkat keparahan, dan penularan di antara mereka yang terinfeksi serupa dengan virus SARS-CoV-2 lain yang beredar.

Implikasinya adalah orang perlu mewaspadai gejala utama yang terkait dengan jenis virus corona saat ini yang beredar di seluruh dunia. Menurut NHS, gejala utama yang harus diwaspadai adalah suhu tinggi, batuk baru yang terus menerus, dan kehilangan atau perubahan pada bau dan rasa.

Dianjurkan bagi yang merasa memiliki gejala utama Covid-19 untuk segera melakukan tes dan melakukan isolasi mandiri. Beberapa saran dari NHS ketika melakukan isolasi adalah memperbanyak istirahat, minum banyak cairan, konsumsi parasetamol atau obat  penghilang rasa sakit bila dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro