Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Intip Cara Menambah Imunitas Tubuh Pakai DOA

Imun tubuh bisa ditingkatkan dengan tiga cara sederhana yakni diet sehat, olahraga dan aktife bergerak.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 12 November 2020  |  17:26 WIB
Warga menggunakan masker berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO - Iggoy el Fitri
Warga menggunakan masker berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO - Iggoy el Fitri

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 masih menjadi suatu hal yang pelik di Indonesia. Dampak pandemi Covid-19 memengaruhi kondisi kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Selain menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan imunitas adalah salah satu cara bertahan di tengah pandemi. Masyarakat pun harus bisa memahami bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan Covid-19.

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk., Dokter spesialis gizi Dedyanto Henky Saputra mengatakan bahwa kunci menambah pertahanan tubuh dari dalam bisa lebih kuat adalah menghadapinya dengan DOA.

“D yang pertama adalah diet sehat, lalu O nya adalah olahraga secara teratur, lalu Aktifkan kebiasaan baik. Makan makanan yang bergizi, berbagai macam jenis nutrisi, minum air teratur. Untuk olahraga yang disarankan dilakukan minimal aerobik 150 menit per minggu dengan intensitas moderat atau 75 menit per minggu aerobik dengan intensitas tinggi," tuturnya dalam diskusi virtual dengan tema Upaya Meningkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19, oleh JPKM Kamis (12/11/2020).

Untuk A, yakni aktifkan kebiasaan baik, seperti tidur yang cukup dan manajemen stres dan kebersihan diri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat olahraga yakni sekitar 60 persen-80 persen heart rate maksimal pada saat olahraga. Jangan lupa pemanasan, disesuaikan dengan kemampuan, selingi dengan fase istirahat dan jangan berlebihan.

Tidak lupa untuk berjemur pada pagi hari untuk mengaktifkan vitamin D dibawah kulit. Jam dimana ultraviolet D cukup melakukan vitamin D antara jam 08.30-10.00, waktunya hanya 10 menit sampai 15 menit saja dan tanpa menggunakan tabir surya. Kalau tidak ada waktu untuk berjemur bisa menggunakan suplemen vitamin D.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan olahraga diet Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top