Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Penjualan Via Online, RANC Luncurkan “GetMyStore App”

GetMyStore APP merupakan portal belanja online yang menjual produk-produk yang tersedia di Ranch Market dan Farmers Market.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 12 November 2020  |  13:00 WIB
Foto: Dok. PT Supra Boga Lestari Tbk.
Foto: Dok. PT Supra Boga Lestari Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA - Guna menggenjot realisasi penjualan dan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada konsumen, PT Supra Kreatif Mandiri (SKM), yang tergabung dalam grup PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC), meluncurkan layanan aplikasi GetMyStore, pada Senin (9/11/2020)

Peluncuran “GetMyStore APP” dilakukan di Logos Metrolink Logistics Hub di Kota Bekasi, untuk menunjukkan fasilitas dan kesiapan fasilitas gudang yang dimiliki RANC dalam mendukung kelancaran supply chain mereka. 

Meshvara Kanjaya, CEO PT Supra Boga Lestari Tbk. menyatakan bahwa sesuai visi SKM, yakni menjadi panutan dalam pengalaman O2O (offline to online), maka perusahaan mendorong SKM mengembangkan GetMyStore APP” sebagai portal online supermarket premium yang hadir dengan berbagai terobosan baru. 

"Kami akan selalu berupaya mengoptimalkan peluang dan kesempatan yang ada dalam rangka mengantisipasi perubahan dan perkembangan di industri ritel modern. Dan GetMyStore APP merupakan solusi bagi para pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan prima," ujarnya, Senin (9/11/2020). 

GetMyStore APP merupakan portal belanja online yang menjual produk-produk yang tersedia di Ranch Market dan Farmers Market, yang dikenal sebagai supermarket berkualitas tinggi dan memberikan kenyamanan dalam berbelanja. 

Saat ini GetMyStore APP sudah dapat diunduh oleh pengguna IOS dan Android dan telah hadir untuk melayani total 52 toko Ranch Market dan Farmers Market yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, Cikarang, Surabaya, Malang, Semarang Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Dumai, dan Ambon. 

GetMyStore APP menyediakan dua alternatif pengiriman yaitu pengiriman instan untuk layanan pengiriman dengan pembelian produk segar dan pengiriman reguler yang dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang lengkap untuk memudahkan transaksi oleh pembeli. 

"SKM saat ini juga sedang mempersiapkan marketplace dan Business to Business channel untuk memberikan pelayanan yang lebih luas kepada para pelanggan korporasi," ujarnya. 

SKM sebagai bagian dari grup PT Supra Boga Lestari Tbk. akan selalu berupaya mengembangkan platform online agar dapat tumbuh dengan baik dan disinergikan dengan toko offline.

"Seperti pepatah Jepang, kalau kita jatuh 7 kali bangun 8 kali. Pepatah ini menunjukkan bahwa kita harus selalu bekerja keras dan bangkit untuk sebuah keberhasilan, kami sangat optimistis dikarenakan aplikasi yang hadir saat ini memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan sebelumnya. Dan kali ini dengan GetMyStore, kami sangat optimistis," ujarnya.

Adapun kelebihan pada GetMyStore APP adalah pertama sistemnya telah ditingkatkan menggunakan sistem terbaik. Kedua, belajar dari pengalaman sebelumnya di mana kelebihan RANC adalah layanan offline, maka penyiapan tenaga pelayan online dengan kualitas setara pun dilakukan.  

Kemudian, alasan ketiga, untuk jumlah gerai, saat ini jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan empat tahun lalu, sehingga secara supply chain dan customer experience, jauh lebih lancar. 

"Empat tahun lalu jumlah gerai kami hanya 30, saat ini sudah 52 gerai yang tersebar di sejumlah lokasi. Tahun depan juga direncanakan akan menambah 10 gerai offline lagi di Pulau Jawa. Mayoritas di Jakarta dan sekitarnya, sisanya di luar kota," ujarnya.

Selain itu, optimisme lainnya adalah dengan semakin bervariasinya pilihan layanan delivery saat ini. "Jadi selain mengandalkan pihak internal sendiri, saat ini juga sudah banyak pihak yang memberikan pilihan pelayanan delivery melalui kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat," ujarnya.

TARGET KONTRIBUSI

Meshvara menambahkan bahwa dengan adanya GetMyStore App ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi sekitar 1% terhadap penjualan secara keseluruhan.

"Kalau belajar di UK atau Amerika, itu kontribusinya memang bisa mencapai hampir 8-12 persen. Dan kita kedepan akan mengarah kesana, tapi saat ini kita berharap kalau bisa mencapai 1% saja dari total sales kita, sudah sangat baik," terangnya.

Pihaknya menegaskan walaupun perusahaan mendorong penggunaan layanan aplikasi secara online, secara bersamaan akan tetap meningkatkan penetrasi pasar secara offline. Hal itu terbukti dengan segera dibukanya 10 gerai terbaru RANC.

"Salah satu perbaikan yang terus kita lakukan adalah juga dengan menyempurnakan supply chain agar pelayanan semakin baik dan efisien. Salah satunya tentu dengan dukungan pergudangan yang sangat besar dan modern di Logos," ujarnya.

Menurutnya dengan keberadaan gudang yang besar dan modern tersebut, maka dapat menampung barang lebih banyak dan bervariasi, baik produk dry maupun produk fresh, sehingga supply chain dapat terjaga dengan baik.

"Dengan gudang yang besar juga akan dapat membantu para UKM. Karena kami ada processing center, kami juga akan bantu UKM. UKM kami itu produknya bagus tapi mengalami keterbatasan distribusi, dengan gudang yang besar maka bisa masuk ke kami dan akan kita distribusikan," ujarnya.

Menurutnya, salah satu contoh nyata  saat ini yaitu distribusi rutin  ikan segar dari Ambon.  "Kami secara rutin sebulan sekali mendatangkan satu kontainer ikan fresh dari Ambon dan sebaliknya kami bisa bawa ayam ke sana," terangnya.

Pihaknya menyakini seperti makna kata GET dalam GetMyStore, yakni Groceries, Efficient dan Trusted, maka diharapkan kehadiran GetMyStore App dapat semakin memberikan layanan yang prima, efisien dan terpercaya.

"Jadi bukan sekadar online platform, tapi juga deliver experience to your customer, karena ke depan akan semakin interaktif," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online penjualan supra boga lestari platform
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top