Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ilmuwan BioNTech Yakin Vaksin Covid-19 Pfizer Kurangi Separuh Penularan Virus

Ugur Sahin, kepala eksekutif BioNTech Jerman mengatakan sangat penting untuk memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi sebelum musim gugur mendatang guna memastikan masyarakat dapat kembali ke kehidupan normal pada musim dingin mendatang.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 16 November 2020  |  12:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu ilmuwan di balik vaksin virus corona yang dikembangkan oleh BioNTech dan Pfizer mengatakan bahwa dia yakin ‘peluru’ tersebut dapat mengurangi separuh penularan virus corona baru, yang akan membatasi penyebaran virus secara dramatis.

Ugur Sahin, kepala eksekutif BioNTech Jerman mengatakan sangat penting untuk memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi sebelum musim gugur mendatang guna memastikan masyarakat dapat kembali ke kehidupan normal pada musim dingin mendatang.

Dia melanjutkan jika semua berjalan lancar, mereka akan mulai mengirimkan vaksin akhir tahun ini dan tahun depan. Sasarannya adalah memberikan lebih dari 300 juta dosis vaksin hingga April 2021, yang memungkinkannya memberi dampak lebih signifikan.

“Saya sangat yakin bahwa penularan antar manusia akan berkurang dengan vaksin yang sangat efektif. Mungkin tidak 90 persen tapi paling tidak 50 persen,” katanya seperti dikutip Medical Xpress, Senin (16/11).

Pfizer dan BioNTech mengatakan pekan lalu bahwa hasil sementara menunjukkan vaksin itu 90 persen efektif dalam mencegah orang jatuh sakit akibat Covid-19, meskipun mereka belum memiliki cukup informasi tentang keamanan dan kualitas produksi.

“Yang mutlak penting adalah kita mendapatkan tingkat vaksinasi yang tinggi sebelum musim gugur atau musim dingin tahun depan. Jadi itu artinya semua imunisasi, pendekatan vaksin harus diselesaikan sebelum musim gugur mengarang,” kata Sahin.

Pengembang vaksin mengamati 94 infeksi yang tercatat sejauh ini dalam sebuah studi yang telah mendaftarkan hampi 44.000 orang di Amerika Serikat dan lima negara lainnya. Kabar ini menjadi harapan besar pengembangan vaksin efektif guna menghentikan pandemi global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top