Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Alasan Anda Tidak Siap Menikah

Bahkan, mungkin saja sebuah pertanyaan telah muncul di hadapan Anda dan terburu-buru, Anda menjawab 'ya'. Dan karena ini selama periode waktu tertentu, Anda meragukan keputusan Anda.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 16 November 2020  |  12:38 WIB
Ilustrasi kencan - sheknows
Ilustrasi kencan - sheknows

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin mengenal pasangan Anda dan Anda berdua saling mencintai, namun Anda ragu untuk menikah dengannya.

Bahkan, mungkin saja sebuah pertanyaan telah muncul di hadapan Anda dan terburu-buru, Anda menjawab 'ya'. Dan karena ini selama periode waktu tertentu, Anda meragukan keputusan Anda.

Dikutip dari Boldsky.com, Senin (16/11/2020), Ada banyak hal yang bisa terjadi dan ini adalah tanda-tanda bahwa Anda belum siap untuk sebuah pernikahan. Ada beberapa daftar tanda yang dapat membantu Anda menenangkan diri dan memikirkan kembali pilihan Anda.

1. Anda Merasa Perkawinan Mengerikan

Anda mungkin merasa bersemangat segera setelah mengetahui bahwa teman Anda akan menikah atau sepupu Anda akan menikah dengan kekasihnya. Anda dapat memulai persiapan untuk menikmati pernikahan dan membuat banyak kenangan. Tetapi jika Anda ingin menikah, Anda mungkin merasa takut dan terkejut. Ini mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan sakit. Bahkan, Anda mungkin meminta orang tua dan kerabat Anda untuk berhenti memikirkan pernikahan Anda.

2. Anda Merasa Bosan Untuk Menikah

Ini bukan hanya tentang takut menyebut-nyebut perkawinan Anda sekecil apapun, tetapi juga tentang apa yang Anda pikirkan tentangnya. Apakah menurut Anda cukup membosankan untuk menikah dengan seseorang dan kemudian menghabiskan sisa hidup Anda dengannya? Apakah Anda merasa bahwa konsep pernikahan cocok dengan teori kehidupan Anda? Nah, ini bisa jadi salah satu pertanda bahwa kamu masih belum siap untuk menikah.

3. Anda Tidak Ingin Mengambil Tanggung Jawab

Seperti disebutkan diatas, pernikahan datang dengan tanggung jawab yang tidak pernah berakhir. Saat Anda menikah dengan seseorang, Anda akan memenuhi banyak tanggung jawab di tahun-tahun mendatang. Dan jika ini mengkhawatirkan dan menghentikan Anda untuk menikah, maka kami memahami Anda. Setiap pasangan yang akan menikah diharapkan untuk tetap bersama sambil menjaga keluarga, kerabat, teman, urusan, dan banyak lagi lainnya.

4. Anda Baru Saja Mulai Berkencan

Jika Anda baru saja mulai berkencan atau sudah mengenal satu sama lain tidak lebih dari beberapa bulan atau satu tahun, maka bisa jadi Anda belum siap untuk menikah. Anda tidak bisa yakin apakah Anda cocok satu sama lain atau mungkin tidak berada dalam hubungan yang berkomitmen. Akibatnya, Anda mungkin tidak sepenuhnya percaya satu sama lain. Alasan-alasan ini bisa membuat Anda merasa tidak akan menikah setidaknya selama beberapa tahun.

5. Anda Tidak Ingin Menjadi Orangtua

Jelas sekali bahwa setelah Anda menikah, Anda akan segera menjadi orang tua bagi seorang anak yang menggemaskan. Anda kemudian akan menjaga mereka dan berusaha memenuhi setiap tanggung jawab orang tua. Meskipun ini bukan hal yang mudah, orang-orang masih menjalankan peran mereka sebagai orang tua. Tapi apakah ini membuat Anda takut dan membuat Anda merasa tidak enak? Apakah Anda tidak pernah ingin menjadi orang tua bagi seorang anak? Nah, ini menunjukkan bahwa Anda mungkin belum siap untuk menikah dengan seseorang.

6. Anda Saling Bertengkar Sesekali

Tidak ada pasangan seperti itu yang tidak berdebat. Mereka sering mengungkapkan ketidaksetujuan mereka atas berbagai hal dan memperdebatkan hal-hal kecil. Tidak hanya itu, tetapi pasangan tetap bertengkar bahkan setelah menikah karena fakta bahwa mereka memiliki perspektif dan pendapat yang berbeda. Tetapi jika ini membuat Anda meragukan keputusan Anda untuk menjalin hubungan dengan pasangan Anda, maka sangat jelas bahwa Anda belum siap untuk menikah.

7. Anda Ingin Tetap Mandiri

Ini adalah salah satu tanda paling umum yang menunjukkan apakah seseorang siap menikah atau tidak. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda ingin berbagi hidup dengan seseorang? Apakah Anda merasa perlu memiliki suami? Ataukah Anda merasa menikah dengan seseorang akan menghalangi kebebasan Anda? Anda mungkin merasa bahwa setelah menikah, Anda tidak akan bisa menjalani hidup sesuai keinginan Anda dan harus mengorbankan keinginan Anda. Jika Anda merasa seperti ini, maka ini bisa menjadi tanda bahwa Anda belum siap untuk menikah.

8. Anda Masih Tidak Bisa Melupakan Mantan Anda

Apakah Anda masih merindukan mantan dan memikirkan apa yang sebenarnya menyebabkan Anda putus? Berteman dengan mantan dan saling berbagi meme sangat berbeda dengan sesekali menguntit mantan Anda tanpa harapan dan memikirkan betapa bagusnya jika Anda berdua masih bersama. Membayangkan mantan pasangan dan merindukan kehadirannya dalam hidup Anda menunjukkan bahwa Anda belum siap menikah dengan orang lain. Menikah dengan orang lain, dalam hal ini, bisa menambah masalah bagi Anda.

9. Anda Tidak menjalani Perceraian

Perceraian tidak diragukan lagi merupakan langkah besar yang berpotensi untuk mengakhiri pernikahan Anda untuk selamanya. Setelah Anda menceraikan pasangan Anda, Anda tidak lagi memiliki komitmen seumur hidup untuk berbagi hidup satu sama lain. Mungkin, oleh karena itu, pasangan berpikir dan menganalisis dengan baik sebelum mengambil langkah ini. Tetapi jika ini tidak tampak menjadi masalah besar bagi Anda dan membuat Anda merasa baik-baik saja, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda belum siap untuk menikah. Nyatanya, mungkin terlalu dini bagi Anda untuk menikah dengan seseorang.

Sangat penting untuk dipahami bahwa menggali lebih dalam selalu membantu dan berbicara dengan pasangan tidak akan pernah menempatkan Anda dalam situasi yang mengerikan ini. Berbagi perspektif dan mendengarkan orang lain juga merupakan hal yang baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkawinan Relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top