Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Cara Pengobatan Jerawat Genital

Upaya pencegahan terbaik penyakit jerawat genital adalah menghindari sumber penularan melalui deteksi dini pada anak maupun dewasa.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 19 November 2020  |  19:49 WIB
Jerawat genital biasanya muncul sekitar kelamin dan kulit ketiak. - ilustrasi
Jerawat genital biasanya muncul sekitar kelamin dan kulit ketiak. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat genital atau moluskum kontagiosum (MK) merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang masih asing bagi masyarakat.

Dokter Bagian Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Muslimin menuturkan bahwa gejala jerawat genital berupa bintik-bintik kecil pada kulit area wajah, kelopak mata, ketiak, paha, dan selangkangan. Bintik tersebut punya ukuran lebar sekitar 2-5 milimeter, dan lesung pada bagian tengah.

Anehnya lagi, bintik ini jarang muncul pada tangan, telapak kaki, atau mulut. Selain itu, biasanya bintik ini pun tidak mengalami peradangan alias pembengkakan dan merah.

Ada beberapa metode yang bisa ditawarkan kepada pasien penderita Moluskum Kontagiosum. Dia menyatakan cara pertama, adalah dengan metode mekanik, yakni cryotherapy, curretage, dan pulse dye-laser. Kedua adalah dengan memanfaatkan anti virus.

Cara lain misalnya dengan pemberian cairan kimia. Misalnya saja KOH, podophyllotoxin, asam trichloroastad, asam salycilad, asam lactad, asam glycolad, benzyl peróxida, dan tretinoin. 

"Juga dapat kita berikan obat-obat yang meningkatkan imuno regulator (sistem imun)," tulisnya dalam akun Instagramnya, Kamis (19/11/2020).

Hal ini mengingat MK ini bisa memproduksi protein yang menghambat imunitas antiviral pada manusia. 

Dia juga menegaskan deteksi dini memang sangat diperlukan karena penyakit ini terjadi pada banyak masyarakat dunia, dan biasanya pada daerah beriklim panas termasuk Indonesia.

Upaya pencegahan terbaik penyakit ini adalah menghindari sumber penularan melalui deteksi dini pada anak maupun dewasa. Sayangnya, deteksi dini MK juga bukan perkara mudah. Pada umumnya MK tidak memiliki rasa gatal ataupun nyeri. 

Masa inkubasi MK antara 2-6 bulan. Anda bisa lekas mengenali gejala MK di kulit, Anda bisa memperhatikan bintik yang hampir menyerupai jerawat dan cepat menjadi banyak.

Selain menghindari kontak fisik dengan penderita, pencegahan MK di lingkungan masyarakat perlu ditempuh dengan cara selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, serta selalu menjaga kebersihan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit alat kelamin jerawat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top