Perpustakaan Ilmu Pelayaran
Relationship

Begini Cara Unik Rayakan Hari Gerakan Indonesia Membaca

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 19 November 2020 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mendorong semangat membaca pada taruna dan taruninya, sekaligus dalam rangka memeringati Hari Gerakan Indonesia Membaca (GIM), Perpustakaan Politeknik Imu Pelayaran (PIP) Semarang membagikan cendera mata dan kuliner pada pengunjungnya.

Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang, Alfi Maryati menjelaskan bahwa sebagai sebuah lembaga pendidikan, PIP Semarang selalu mendorong para taruna/taruni dan semua civitas akademica untuk selalu gemar membaca serta memperbaharui infomasi terkait kurikulum, teknologi terbaru dan lainnya di perpustakaan yang disiapkan oleh pihak kampus.

"Tujuannya kegiatan pembagian cendra mata dan kuliner pada hari peringatan GIM ini adalah untuk mempromosikan perpustakaan, meningkatkan kunjungan dan memotivasi  gemar membaca bagi civitas akademika. Sasaran kegiatan ini meliputi civitas akademica yaitu Dosen. Sedangkan jumlah cendera mata yang dibagi sebanyak 196 buah," kata Alfi dalam keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan bahwa cendera mata tersebut diperuntukkan bagi pengunjung yang meminjam buku dengan jumlah tertentu, dan untuk kuliner bagi setiap pengunjung yang berkunjung pada hari itu. Sejumlah cendera mata yang tersedia diantaranya adalah: kaos, topi, lampu mercusuar, pelampung kecil, dan gantungan kunci.

Sedangkan pada kesempatan terpisah, Direktur PIP Semarang Mashudi Rofik menjelaskan bahwa keberadaan perpustakaan PIP Semarang adalah menjadi pusat informasi dan sumber pembelajaran untuk mendukung lembaga pendidikannya sehingga dapat menjadi perguruan tinggi pelayaran niaga yang profesional, mandiri, dan berwawasan global.

"Perpustakaan PIP Semarang juga memiliki misi, yaitu menyediakan informasi untuk mendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lalu mengembangkan sumber daya manusia dan menyiapkan sarana prasarana untuk mendukung layanan perpustakaan. Dan yang terakhir menjalin kerjasama bidang perpustakaan dengan stakeholder/ instansi/perguruan tinggi lain untuk meningkatkan jaringan informasi perpustakaan," katanya.

Mashudi juga mengatakan bahwa di perpustakaan PIP Semarang mempunyai beberapa koleksi fiksi dan non fiksi dalam bentuk tercetak, dan non cetak seperti  CD-ROM, CD, VCD dan DVD. Selain itu mempunyai koleksi serial seperti jurnal dinamika, buletin cakra samodra, surat kabar dan majalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro