Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Curhat Dion Wiyoko Jadi Pengisi Suara Live Action Mulan, Tenggorokan Langsung Serak

Kesulitan lain yang dialami Dion Wiyoko yakni menyamakan mimik wajah dengan karakter yang dia bawakan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 19 November 2020  |  18:15 WIB
Dion Wiyoko - Bisnis.com/Duwi Setiya Ariyanti
Dion Wiyoko - Bisnis.com/Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA – Empat artis papan atas yang terpilih menjadi pengisi suara karakter-karakter utama Mulan mengaku kesulitan saat proses sulih suara berlangsung.

Keempat artis yang terpilih menjadi pengisi suara film live action besutan Disney itu antara lain Luna Maya, Yuki Kato, dan Dion Wiyoko.

Dion Wiyoko mengungkapkan dirinya mengalami kesulitan saat harus melakukan olah vokal. Bahkan, tenggorokannya terasa serak setelah proses sulih suara selesai dilakukan.

Sebagai catatan, pria asal Surabaya itu mendapatkan mandat menjadi pengisi suara dari Honghui di film yang akan tayang perdana di platform Disney+ Hotstar pada 4 Desember 2020 itu. Honghui merupakan prajurit yang awalnya merupakan saingan Mulan.

“Setelah mengisi suara 1-2 jam [tenggorokan] langsung serak. Karena saya banyak ambil suara dari tenggorokan,” katanya dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (19/11/2020).

Selain itu, kesulitan lain yang juga dihadapi oleh Dion adalah menyamakan mimik wajah dengan karakter yang dia bawakan. Pasalnya, seluruh pengisi suara yang terlibat tidak diperbolehkan untuk melihat secara langsung Mulan versi live action.

“Cuma lihat versi animasinya saja, live action-nya ya nanti sama-sama kita lihat ketika premiere-nya tanggal 4 Desember [2020],” ujarnya.

Walaupun demikian, Dion merasa terhormat mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam Mulan versi live action sebagai pengisi suara. Dengan perannya sebagai pengisi suara, secara tidak langsung dia telah berkolaborasi dengan aktor kawakan Jet Li yang berperan sebagai Kaisar China dalam film tersebut.

Tidak hanya itu, live action Mulan juga mengantarkan dirinya untuk pertama kali berperan sebagai pengisi suara.

"Yang pasti ini sangat spesial karena pengalaman pertama jadi dubber. Sesuai dengan apa yang aku pikirkan, memang tidak mudah menjadi dubber karena harus mengetahui tone suara dan karakter pemain," jelasnya.

Selain Dion Wiyoko, film live-action Disney's Mulan versi bahasa Indonesia diisi suaranya oleh Yuki kato sebagai Mulan, dan Luna Maya sebagai Xian Lang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film disney
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top