Dion Wiyoko/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Entertainment

Curhat Dion Wiyoko Jadi Pengisi Suara Live Action Mulan, Tenggorokan Langsung Serak

Rezha Hadyan
Kamis, 19 November 2020 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Empat artis papan atas yang terpilih menjadi pengisi suara karakter-karakter utama Mulan mengaku kesulitan saat proses sulih suara berlangsung.

Keempat artis yang terpilih menjadi pengisi suara film live action besutan Disney itu antara lain Luna Maya, Yuki Kato, dan Dion Wiyoko.

Dion Wiyoko mengungkapkan dirinya mengalami kesulitan saat harus melakukan olah vokal. Bahkan, tenggorokannya terasa serak setelah proses sulih suara selesai dilakukan.

Sebagai catatan, pria asal Surabaya itu mendapatkan mandat menjadi pengisi suara dari Honghui di film yang akan tayang perdana di platform Disney+ Hotstar pada 4 Desember 2020 itu. Honghui merupakan prajurit yang awalnya merupakan saingan Mulan.

“Setelah mengisi suara 1-2 jam [tenggorokan] langsung serak. Karena saya banyak ambil suara dari tenggorokan,” katanya dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (19/11/2020).

Selain itu, kesulitan lain yang juga dihadapi oleh Dion adalah menyamakan mimik wajah dengan karakter yang dia bawakan. Pasalnya, seluruh pengisi suara yang terlibat tidak diperbolehkan untuk melihat secara langsung Mulan versi live action.

“Cuma lihat versi animasinya saja, live action-nya ya nanti sama-sama kita lihat ketika premiere-nya tanggal 4 Desember [2020],” ujarnya.

Walaupun demikian, Dion merasa terhormat mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam Mulan versi live action sebagai pengisi suara. Dengan perannya sebagai pengisi suara, secara tidak langsung dia telah berkolaborasi dengan aktor kawakan Jet Li yang berperan sebagai Kaisar China dalam film tersebut.

Tidak hanya itu, live action Mulan juga mengantarkan dirinya untuk pertama kali berperan sebagai pengisi suara.

"Yang pasti ini sangat spesial karena pengalaman pertama jadi dubber. Sesuai dengan apa yang aku pikirkan, memang tidak mudah menjadi dubber karena harus mengetahui tone suara dan karakter pemain," jelasnya.

Selain Dion Wiyoko, film live-action Disney's Mulan versi bahasa Indonesia diisi suaranya oleh Yuki kato sebagai Mulan, dan Luna Maya sebagai Xian Lang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro