Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Social Distancing yang Tepat Cegah Penularan Covid-19

Saat pergi ke tempat umum, penting untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain dan mengenakan masker untuk memperlambat penyebaran COVID-19.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 November 2020  |  15:26 WIB
Warga menggunakan masker saat berjalan melewati pasar ikan yang ditutup sementara di The Wharf, Washington, DC, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar. Hingga Rabu (8/4/2020), kasus positif Covid-19 di Negeri Paman Sam itu telah mencapai 396.416 kasus. Bloomberg - Andrew Harrer
Warga menggunakan masker saat berjalan melewati pasar ikan yang ditutup sementara di The Wharf, Washington, DC, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar. Hingga Rabu (8/4/2020), kasus positif Covid-19 di Negeri Paman Sam itu telah mencapai 396.416 kasus. Bloomberg - Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Social distancing atau menjaga jarak, menjadi salah satu upaya dari pencegahan penularan virus corona.

Saat pergi ke tempat umum, penting untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain dan mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Lantas seperti apa sebenarnya social distancing yang efektif? Dikutip dari website resmi CDC disebutkan jika ada beberapa tips melaksanakan social distancing yang efektif seperti berikut ini:

1. Sebelum pergi, ketahui dan ikuti panduan dari otoritas kesehatan masyarakat setempat di mana Anda tinggal.

2. Mempersiapkan Transportasi: Pertimbangkan opsi jarak sosial untuk bepergian dengan aman saat menjalankan tugas atau pulang pergi ke dan dari tempat kerja, baik berjalan kaki, bersepeda, menggunakan angkutan umum, tumpangan, atau taksi.

3. Saat menggunakan angkutan umum, usahakan untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari penumpang atau operator angkutan lain misalnya, saat Anda menunggu di stasiun bus atau memilih tempat duduk di bus atau kereta. Saat menggunakan taksi, duduklah di kursi belakang di kendaraan yang lebih besar sehingga Anda dapat tetap berada setidaknya 6 kaki dari pengemudi. 

4. Jaga jarak 6 kaki atau 1 meter dari orang lain saat berbelanja dan dalam antrean. Jika memungkinkan, gunakan drive-thru, penjemputan tepi jalan, atau layanan pengiriman untuk membatasi kontak tatap muka dengan orang lain. Jaga jarak fisik antara Anda dan penyedia layanan pengiriman selama pertukaran dan kenakan masker.

5. Pilih Aktivitas Sosial yang Aman. Anda dapat tetap terhubung secara sosial dengan teman dan keluarga yang tidak tinggal di rumah dengan menelepon, menggunakan obrolan video, atau tetap terhubung melalui media sosial.

6. Jika bertemu orang lain secara langsung (misal di pertemuan kecil di luar ruangan, pertemuan halaman atau jalan masuk dengan sekelompok kecil teman atau anggota keluarga), jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain yang bukan serumah dengan Anda. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona social distancing Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top