Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Keuntungan Belanja Barang Bekas Atau Thrift Shopping, Murah hingga Ramah Lingkungan

Bahkan thrift shopping tidak hanya ditemukan di pasar loak saja, melainkan kamu juga bisa temukan di online shop.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 November 2020  |  11:48 WIB
Pakaian bekas
Pakaian bekas

Bisnis.com, JAKARTA – Istilah thrift shopping atau belanja barang bekas merupakan istilah yang sedang tren di kalangan anak muda. Meskipun membeli dari barang bekas, namun barang tersebut tak kalah memiliki kualitas yang bagus karena masih layak pakai.

Bahkan thrift shopping tidak hanya ditemukan di pasar loak saja, melainkan kamu juga bisa temukan di online shop.

Kegiatan ini terbilang menyenangkan karena selain mendapatkan harga yang murah, kamu juga bisa menemukan keunikan lain saat melakukan thrift shopping. Berikut Bisnis rangkum alasan menarik yang bisa kamu temukan saat kamu berbelanja di thrift shop:

1. Murah namun kualitas bagus

Salah satu alasan utama kamu memilih untuk berbelanja di barang bekas adalah karena harganya lebih murah. Dengan kata lain, kamu bisa lebih menghemat uang. Thrift shopping menawarkan harga yang lebih murah dibanding saat kamu berbelanja di mal atau butik.

Harga yang ditawarkan murah karena barang tersebut sudah pernah dipakai dan digunakan sebelumnya. Tetapi, kualitasnya pun tetap terjaga. Bahkan, saat kamu melakukan thrift shopping, kamu dapat menemukan merek kelas atas asal kamu bersabar mencarinya.

2. Mix-match gaya dan warna

Sesuai dengan namanya, thrift shopping juga menawarkan kamu untuk membeli pakaian yang mungkin tidak terlalu trendi atau bergaya. Akan tetapi, melihat tren yang sedang berjamur sekarang, banyak anak remaja yang menggunakan pakaian dengan melakukan eksperimen mulai dari warna hingga gaya.

Thrift shopping membuat kamu lebih kreatif dalam mencampur dan mencocokkan pakaian yang akan kamu kenakan. Tak menutup kemungkinan pula kamu dapat mencoba gaya baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

3. Unik dan jarang

Saat kamu membeli pakaian di mal, kemungkinan kamu akan bertemu orang lain yang mengenakan pakaian yang sama persis. Dengan kata lain, pakaian yang dijual di mal sudah terbilang mainstream.

Namun, dengan thrift shopping kamu bisa menemukan barang yang unik dan jarang untuk ditemukan. Selain itu, thrift shopping membuka kemungkinan kamu untuk menemukan ‘hidden gem’ atau pakaian edisi terbatas yang tidak lagi dijual di pasaran.

4. Ramah lingkungan

Dengan berbelanja barang bekas, kamu sudah peduli dengan lingkungan. Apabila kamu membeli barang yang baru diproduksi, maka kemungkinan barang tersebut dibuat di pabrik yang menghasilkan polusi. Barang tersebut kemudian dikirim melalui truk, pesawat, atau kapal, yang semuanya menghasilkan polusi.

Lain lagi ketika kamu membeli barang bekas, di mana semua barang telah digunakan sebelumnya, artinya kamu tidak berkontribusi dalam pencemaran polusi. Hal ini juga menunjukkan kamu sudah berkontribusi untuk menjaga barang tersebut dari tempat pembuangan sampah.

Dengan kata lain, kamu mendaur ulang barang dan produk yang sudah ada, sehingga berkontribusi pada pengurangan polusi. Tentunya ini akan menyebabkan lebih sedikit polusi dan jejak karbon yang lebih kecil.

5. Jual kembali barang yang tidak lagi dibutuhkan

Apabila kamu memiliki barang lama, seperti buku, pakaian, mainan, atau barang lainnya, hindari membuangnya ke tempat sampah. Sebaiknya kamu membawa barang bekas ke toko barang bekas lalu mereka akan membayar dan kamu mendapat keuntungan.

Jadi, apabila kamu sedang membersihkan barang dan menemukan barang yang tidak terpakai, kamu bisa membawanya ke toko barang bekas. Dengan cara ini, kamu sudah ramah lingkungan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online shopping pakaian bekas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top