Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Aman Thrifting Saat Pandemi

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berbelanja thrifting. Berikut, Bisnis rangkum 5 tips mengenai cara berbelanja thrifting yang aman selama pandemi:
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 November 2020  |  16:02 WIB
Pakaian bekas
Pakaian bekas

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat pergerakan masyarakat menjadi terbatas, termasuk saat ingin pergi berbelanja pakaian bekas. Padahal tren thrifting sedang menjamur di kalangan anak remaja.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berbelanja thrifting. Berikut, Bisnis rangkum 5 tips mengenai cara berbelanja thrifting yang aman selama pandemi:

1. Buat daftar belanja

Saat melakukan thrift shopping, sebaiknya terlebih dahulu buat daftar belanja yang akan dibeli nantinya. Belanja pakaian bekas tidak sama seperti membeli bahan makanan. Ketika barang tersebut tidak ada, kamu cukup menyimpan daftar tersebut untuk dibeli di kemudian hari. Pastikan kamu membeli barang yang kamu butuhkan.

2. Patuhi protokol kesehatan

Selama melakukan thrifting saat pandemi Covid-19, kunci utamanya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Kenakan masker dan tetap menjaga jarak selama berbelanja di toko barang bekas. Sesering mungkin bersihkan tangan dengan hand sanitizer saat berada di luar rumah, dan jangan lupa untuk mencuci tangan saat tiba di rumah.

3. Cuci tangan sebelum dan sesudah belanja

Para ahli kesehatan setuju bahwa mencuci tanagn dengan benar adalah salah satu cara yang paling efektif unuk mencegah Covid-19. Dengan mencuci tangan sebelum berbelanja maka akan lebih melindungi pembeli dan karyawan lain. Sementara mencuci tangan setelah belanja akan membantu menghentikan penyebaran kuman.

4. Cuci dengan air panas

Direktur di Good Housekeeping Institute Carolyn Forte mengatakan sebelum pandemi Covid-19 pun setiap membeli pakaian bekas, kita harus mencuci pakaian tersebut. “Cucilah di air terpanas yang aman untuk kain, dan masukkan ke dalam pengering,” kata Direktur di Good Housekeeping Institute Carolyn Forte.

5. Belanja online

Apabila kamu masih khawatir untuk belanja di luar, maka jalan satu-satunya adalah dengan membeli barang melalui online. Saat ini sudah banyak pakaian bekas yang dijual di media sosial.

Kamu juga bisa memilah-milih pakaian mana yang akan kamu beli. Kemungkinan pula sebelum pakaian tersebut dikirim sudah dibersihkan oleh penjual. Namun untuk menjami agar tetap bersih, sebaiknya kamu mencuci pakaian tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakaian bekas pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top