Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Hal Penting yang Perlu Disimak Sebelum Ambil Promosi Jabatan

Promosi mungkin tidak membatasi kebebasan finansial Anda, tetapi mungkin membatasi kebebasan Anda untuk mengejar minat lain.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 November 2020  |  17:51 WIB
Seorang pria memberikan selamat atas promosi yang diterima oleh rekan kerjanya./Ilustrasi - Hrinasia
Seorang pria memberikan selamat atas promosi yang diterima oleh rekan kerjanya./Ilustrasi - Hrinasia

Bisnis.com, JAKARTA - Mendapat promosi dalam pekerjaan mungkin harapan bagi sejumlah karyawan. Namun tentunya ini dapat memiliki implikasi yang luas bagi karier, kebahagiaan, dan keluarga.

Oleh karena itu, sebelum menerima promosi, pastikan sejumlah hal berikut ini dan tanyakan dalam diri Anda, seperti dilansir dari Times of India, Kamis (26/11/2020):

1. Apakah peran pekerjaan baru cocok untuk bakat, pengalaman, dan keterampilan saya?

Promosi biasanya berarti mengambil tanggung jawab baru yang mungkin memerlukan sekumpulan keahlian yang berbeda. Saat Anda menaiki tangga, pekerjaan Anda akan diubah menjadi tanggung jawab manajemen baru yang akan ditambahkan ke beban kerja.

Bagi banyak profesional, promosi dapat berarti perubahan total dari pekerjaan sehari-hari yang biasa mereka lakukan. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang senang bekerja secara langsung dengan klien, Anda mungkin tidak suka kembali ke peran pekerjaan evaluasi.

2. Apakah peran pekerjaan baru mengisolasi atau menyegarkan saya?

Saat menaiki tangga menuju kesuksesan profesional, Anda akan menghadapi ekspektasi yang lebih tinggi di setiap langkah. Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda menyukai beban kerja posisi baru dan jaringan profesional yang diperluas.

Namun, Anda mungkin mendapati diri Anda bekerja lebih lama, menjawab email setelah jam kerja dan juga bekerja selama akhir pekan dan liburan.

Semakin banyak waktu dan perhatian yang Anda gunakan untuk bekerja, semakin sedikit yang Anda miliki untuk keluarga dan teman. Saat ini jauh dari keluarga dan teman-teman Anda dapat menyebabkan kesepian dan bahkan depresi bagi sebagian orang.

3. Akankah peran pekerjaan baru meningkatkan atau membatasi perasaan kebebasan Anda?

Uang pasti akan meningkatkan kebebasan finansial jika Anda mengambil promosi itu. Mereka yang memiliki lebih banyak uang dapat makan di luar lebih sering, berlibur lebih besar dan lebih baik, serta hidup mewah di rumah.

Namun, pada saat yang sama, lebih banyak uang dari pekerjaan yang lebih intensif waktu dapat berarti lebih sedikit hangout akhir pekan dengan teman-teman, lebih sedikit waktu dengan keluarga, dan lebih sedikit waktu untuk diri sendiri.

Promosi mungkin tidak membatasi kebebasan finansial Anda, tetapi mungkin membatasi kebebasan Anda untuk mengejar minat lain.

4. Bagaimana uang ekstra akan meningkatkan kualitas hidup saya?

Nilai uang menurun saat Anda mulai mendapatkan lebih banyak uang. Jumlah uang yang Anda keluarkan untuk makanan dan minuman yang dulu penting bagi Anda selama ini mungkin tidak lagi menjadi masalah saat Anda mulai menghasilkan lebih banyak.

Saat menimbang apakah akan mengambil kenaikan gaji, pikirkan tentang bagaimana Anda akan menerapkan penghasilan tambahan untuk meningkatkan hidup dan kebahagiaan Anda.

5. Apa yang akan Anda lakukan dengan kenaikan gaji Anda?

Apa tujuan hidup yang didukung oleh gaji yang lebih tinggi? Begitu kebutuhan Anda terpenuhi, kekuatan uang untuk meningkatkan kualitas hidup Anda akan mulai berkurang. Oleh karena itu, sebelum Anda mengambil pekerjaan baru dengan gaji tinggi dan menuntut, tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda akan menggunakan uang ekstra ini untuk membuat hidup Anda lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji promosi gaya hidup Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top