Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata Penting Banget, Ini 7 Manfaat Minum Air Hangat

Namun, menurut sains, baik kuno maupun modern, suhu air saat dikonsumsi juga penting.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 30 November 2020  |  09:18 WIB
Air putih - boldsky.com
Air putih - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Air memainkan peran penting dalam kesejahteraan kita, mulai dari perawatan kulit hingga pencernaan yang baik dan bahkan menghindari migrain.

Namun, menurut sains, baik kuno maupun modern, suhu air saat dikonsumsi juga penting.

Dikutip dari food.ndtv.com, Senin (30/11/2020), Dari Ayurveda hingga pengobatan Tiongkok kuno, bahwa air paling bermanfaat jika dikonsumsi hangat.

Makanan di China atau Jepang selalu ditemani dengan teh hangat. Ini bukan teh masala yang mungkin biasa kita gunakan. Sebaliknya, ini adalah air panas hanya dengan beberapa daun teh hijau atau teh daun lainnya. Selama berabad-abad, masyarakat Jepang telah mengikuti ritual 'Water Cure'. Ini memerlukan minum 4 gelas air setiap pagi tepat setelah Anda bangun, bahkan sebelum Anda menyikat gigi. Yang penting air ini tidak boleh dingin.

Berapa banyak yang disarankan?

Jumlah air yang harus dikonsumsi seseorang bergantung pada berbagai faktor seperti usia, tingkat aktivitas, cuaca, diet, dll. Namun, ada beberapa pedoman umum yang dapat diikuti. Jika dikonsumsi bersamaan dengan makan Anda, kira-kira satu cangkir sudah cukup baik. Karena itu, jika makanan tersebut termasuk hidangan seperti sup atau yoghurt, jumlah ini dapat dikurangi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika harus perut kosong di pagi hari, empat gelas adalah rekomendasi Japanese Water Therapy. Jika kedengarannya banyak, mulailah dengan satu gelas dan tingkatkan menjadi empat, seiring waktu.

Ini Manfaat kesehatan dari air hangat:

1. Mencegah sembelit
Gerakan usus penting untuk menghindari kembung, sakit perut, dan ketidaknyamanan. Rupali Datta menyarankan bahwa memiliki air hangat sangat bagus untuk 'pembersihan' internal. Ini mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

2. Bagus untuk kulit bercahaya
Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda dan membantu melepaskan racun. Detoksifikasi ini sangat bagus untuk kulit bercahaya dan pori-pori yang tidak tersumbat.

3. Merangsang rasa lapar
Anju Sood, ahli gizi yang tinggal di Bengaluru menjelaskan, "Saat Anda memiliki air hangat, tubuh harus bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. Jadi, sistem metabolisme dimulai." Hal ini semakin memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa lapar.

4. Membantu pencernaan
Dr. Sood mengatakan bahwa minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal. "Jika Anda bertanya kepada ahli gizi apa organ utama tubuh, dia pasti akan mengatakan itu adalah hati karena semua metabolisme terjadi melalui hati. Air hangat memainkan peran penting dalam memecah zat makanan dan dengan demikian membantu pencernaan."

5. Membantu membersihkan hidung tersumbat
Meskipun menghindari air dingin saat Anda sakit tenggorokan mungkin sebagian besar adalah kisah seorang istri tua India (banyak bagian dunia bahkan tidak mengenali konsep ini), tidak dapat disangkal bahwa air hangat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan sakit tenggorokan. Air juga membantu mencegah penumpukan dahak.

6. Pereda nyeri akibat kram menstruasi
Kram menstruasi bisa sangat menyakitkan bagi sebagian orang. Botol air hangat yang menempel di perut mungkin merupakan cara favorit Anda untuk mengatasi nyeri haid, tetapi tahukah Anda bahwa minum air hangat juga dapat membantu? Studi menunjukkan bahwa minum air hangat meningkatkan sirkulasi darah, yang berfungsi sebagai mekanisme penghilang rasa sakit.

7. Mencegah penuaan dini
Seperti disebutkan di atas, konsumsi air hangat menghilangkan racun dari tubuh, melalui keringat, buang air besar, dan pori-pori yang tidak tersumbat. Kehadiran racun di dalam tubuh menyebabkan penuaan dini


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum kesehatan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top