Dua turis asal Jerman tengah menjelajahi tempat tinggal suku bajo di pulau Papan, Togean, Sulawesi Tengah. / Bisnis-Lukas Hendra
Travel

Rute Baru Tersedia, Ini Rekomendasi Perjalanan Menuju Togean

Lukas Hendra TM
Sabtu, 12 Desember 2020 - 11:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kemolekan Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah telah mendunia. Kini, akses menuju ‘jantung’ Tomini, semakin mudah dan lebih cepat dari ibukota Jakarta.

Jika sebelumnya, saya merekomendasikan rute via Gorontalo karena kemudahan penerbangannya, kini strategi anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yakni PT Citilink Indonesia, mengubah segalanya.

Sejak akhir November 2020, Citilink telah menyediakan rute Makassar-Ampana yang lepas landas dari Bandara Sultan Hassanuddin pada pukul 9.30 WITA dan akan mendarat di Bandara Tanjung Api Ampana pada pukul 11.10 WITA, dengan durasi penerbangan selama 1 jam 40 menit. Meski saat ini hanya tersedia di hari Rabu, alias sekali seminggu.

Jika dilihat, rute penerbangan Jakarta-Makassar via Bandara Internasional Soekarno Hatta lepas landas pada pukul 5.00 WIB dan akan mendarat di Bandara Sultan Hassanuddin pada pukul 7.55 WITA, dengan durasi penerbangan 2 jam 25 menit.

Rute Baru Tersedia, Ini Rekomendasi Perjalanan Menuju Togean

Sunset di Kadidiri Paradise Resort / Bisnis-Lukas Hendra

Artinya, total perjalanan dari Jakarta menuju Ampana hanya 5 jam 10 menit dengan waktu transit 1 jam 40 menit. Tidak jauh berbeda dari penerbangan Jakarta – Gorontalo yang saat ini menempuh waktu 4 jam 55 menit akibat transit di Makassar. Sebelumnya, rute Jakarta-Gorontalo hanya membutuhkan waktu 3 jam 10 menit untuk penerbangan langsung.

Lalu, apa istimewanya rute Togean via Ampana ini? Keunggulan utama rute Ampana adalah waktu tempuh perjalanan laut yang lebih pendek. Untuk kapal motor seperti KM Puspita Sari hanya membutuhkan waktu 4 jam. Ini jauh lebih cepat ketimbang rute Gorontalo yang membutuhkan waktu perjalanan 12 jam menggunakan KM Tuna Tomini.

Rute Baru Tersedia, Ini Rekomendasi Perjalanan Menuju Togean

Jembatan Pulau Papan. Bisnis / Lukas Hendra

Belum lagi, perjalanan KM Tuna Tomini tidak dilaksanakan setiap hari, melainkan seminggu dua kali sehingga kurang fleksibel bagi pelancong. Berbeda, sejumlah kapal dari Ampana menuju Wakai, hampir tersedia setiap hari.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk menggunakan speedboat, kapal Herkules tersedia setiap hari. Bahkan, waktu tempuh hanya 1 jam 30 menit. Sayangnya, dia bertolak dari Ampana pada pukul 9.00 WITA, sehingga tidak cocok dengan penerbangan Citilink.

Namun, jangan khawatir, ada speedboat Manakara yang sama-sama tersedia setiap hari dan bertolak dari Ampana pada pukul 13.00 WITA, perjalanan laut selama 1 jam 30 menit dan banderol tiket hanya Rp130.000,-.

Kendati, opsi ini agak sedikit mepet dari waktu landing pukul 11.10 WITA. Harapannya, tidak terjadi delay, dan penanganan bagasi yang lebih cepat. Untung saja, lokasi bandara dengan pelabuhan tidak terlalu jauh.

Rute Baru Tersedia, Ini Rekomendasi Perjalanan Menuju Togean

Kadidiri Paradise Resort / Bisnis- Lukas Hendra

Hanya saja, akan lebih menarik wisatawan apabila ada jeda waktu yang sedikit lebih panjang, agar tidak terlalu terburu-buru. Pelaku industri perjalanan laut Ampana, paling tidak dapat berimprovisasi dengan penyesuaian jadwal kapal dengan jadwal penerbangan yang ada. Atau sebaliknya, industri maskapai yang juga perlu melihat penyesuaian jadwal perjalanan menuju surga penyelaman kelas dunia ini.

Rata-rata waktu check-in hotel atau resort pukul 14.00 WITA, perjalanan Ampana-Wakai membutuhkan waktu 1,5 jam. Artinya, sekitar 12.00 WITA, kapal harus melaut. Wisatawan perlu waktu menunggu bagasi, perjalanan menuju pelabuhan dan antri pembelian tiket kapal. Belum lagi, jika terjadi delay. Oleh karena itu, waktu landing yang sedikit lebih membuat nyaman penumpang adalah sekitar pukul 10.00 WITA. 

Namun, pembukaan rute tersebut perlu diapresiasi. Pasalnya, penerbangan menuju Ampana sebelumnya harus transit di Palu. Sementara, ini bisa langsung dari Makassar.

Kendati, maskapai masih menggunakan pesawat tipe ATR-72 yang berkapasitas sekitar 70 penumpang. Belum memanfaatkan pesawat Boeing 737 atau Airbus A320. Padahal, Bandara Tanjung Api telah direnovasi dan bisa didarati pesawat sekelas Boeing 737 atau Airbus A320.

 

Tips dan Harga

  1. Citilink Jakarta-Makassar Rp1,19 juta per orang
  2. Citilink Makassar-Ampana Rp983.000 per orang
  3. Speedboat Ampana-Wakai Rp130.000 per orang 
  4. Resort Kadidiri Paradise, kamar standar Rp650.000 per malam (termasuk 3x makan).
  5. Jangan membawa koper melainkan backpack, mengingat pesawat ATR untuk mempercepat waktu saat landing.
  6. Siapkan uang tunai karena di Kepulauan Togean tidak ada ATM, susah sinyal telekomunikasi, dan pasokan listrik terbatas di sejumlah resort.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Lukas Hendra TM
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro