Warga menggunakan masker berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitri
Health

Turunkan Berat Badan, Ini Durasi Olahraga yang Tepat

Novita Sari Simamora
Senin, 14 Desember 2020 - 06:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa berolahraga selama beberapa menit ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Untuk mengurangi berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat, Anda tidak hanya perlu mengubah pola makan Anda, tetapi juga perlu menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat yang mencakup olahraga.

Mengutip dari Times of India, Senin (14/12/2020), untuk menurunkan berat badan maka olahraga juga harus dilakukan. Namun, banyak orang yang bingung durasi olahraga yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya, olahraga diperlukan untuk membakar lemak dari tubuh. Berikut ini cara yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan:

1. Berapa banyak Anda harus berolahraga

Agar seseorang kehilangan sekitar sekitar 1/2 kilogram per minggu, mereka perlu membakar 3000 kalori, yang membutuhkan banyak latihan. Sesuai penelitian, untuk membakar kalori sebanyak ini, seseorang perlu berolahraga sekitar 300 menit setiap minggu atau satu jam setiap hari selama seminggu.

2. Jenis olahraga

Setiap orang boleh memilih olahraga apa pun yang ingin mereka lakukan - lari, angkat beban, atau sekadar jalan kaki. Intinya, orang-orang yang membakar kalori lebih banyak maka akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Hal terpenting yang ditemukan saat olahraga adalah perubahan tingkat leptin di antara mereka yang berolahraga. Leptin adalah salah satu hormon terpenting dalam tubuh Anda. Hormon ini mengirimkan sinyal ke otak saat Anda tidak lapar dan Anda berhenti makan.

3. Latihan yang bisa Anda lakukan

Anda bisa memilih olahraga yang disenangi untuk menurunkan berat badan. Baik itu jalan kaki, lari, atau bersepeda. Semua aktivitas fisik ini dapat membantu Anda mengurangi berat badan, cukup konsisten dan lakukan dalam waktu yang cukup lama.

Namun ingat, berolahraga sendiri tidak bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk menciptakan kesenjangan kalori, Anda juga perlu makan dengan sehat dan dalam jumlah terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro