Petugas kesehatan mengambil sampel saat melakukan rapid tes antigen yang dilakukan di UPT Laboratrium Kesehatan NTT di Kota Kupang, NTT, Senin (16/11/2020). Pemerintah NTT mengratiskan rapid tes antigen gratis bagi ratusan wartawan di Kota Kupang, untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di kota itu.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.rn
Health

Swab Antigen dan Rapid Antigen, Apakah Beda?

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 18 Desember 2020 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di media sosial, kata rapid antigen dan swab antigen kini sedang hangat dibicarakan.

Hal itu, berkaitan dengan kebijakan aturan perjalanan baru yang mengharuskan penumpang mengikuti tes rapid antigen sebelum bepergian.

Namun, banyak yang masih bingung apakah swab antigen dan rapid antigen adalah cara pemeriksaan covid-19 yang sama?

Dikutip dari Halodoc, disebutkan jika rapid test antigen dan swab antigen adalah jenis tes yang sama. Disebut rapid test antigen, karena tes untuk mendeteksi virus corona tersebut dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit.

Sementara yang lain menyebutnya dengan swab antigen, karena tes tersebut dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan.

Namun, baik rapid test antigen maupun swab antigen adalah jenis tes antigen yang sama yang dirancang untuk mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh.  

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui rapid test antigen sebagai tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi virus corona. Namun, karena ada juga yang menyebut tes tersebut dengan 'swab antigen', tidak sedikit orang yang akhirnya jadi bingung. Apakah rapid test antigen sama dengan swab antigen, atau justru keduanya adalah dua tes yang berbeda? Jangan sampai salah pengertian, cari tahu dulu jawabannya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro