Ilustrasi/Indonesiakaya.com
Entertainment

Wayang Orang Gatotkaca Rajah Tayang Hari Ini di IndonesiaKaya

Yudi Supriyanto
Sabtu, 19 Desember 2020 - 09:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mulai hari ini, Sabtu (19/12/2020), pertunjukan wayang orang dengan kisah Gatotkaca Rajah akan tayang di channel YouTube IndonesiaKaya. Pertunjukan ini diharapkan dapat melestarikan seni pertunjukan wayang orang di tengah gempuran zaman. 

Teguh ‘Kenthus’ Ampiranto, Wakil Ketua Wayang Orang Bharata berharap penampilannya dapat mengedukasi penikmat seni terutama generasi muda tentang tokoh dan kisah pewayangan di Indonesia.

"Agar seni pertunjukan ini dapat terus dilestarikan,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (19/12/2020).

Dia menuturkan wayang orang merupakan seni tradisi yang memadukan seni tari, seni drama, seni musik, dan seni rupa. Cerita wayang orang bersumber pada lakon Mahabarata dan Ramayana yang sarat dengan filsafat dan pendidikan.

"Wayang orang mengajarkan kita memahami falsafah hidup, etika, dan tuntutan budi pekerti dalam kehidupan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Lakon ini berkisah tentang Raden Gatotkaca, putra dari Raden Bima yang mendapatkan karunia berupa ajian Narantaka/Rajah Narantaka (ilmu sakti).

Untuk mempertahankan ajian tersebut, Raden Gatotkaca harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah tidak boleh tinggi hati atau sombong dengan keampuhan Rajah Narantaka.

Raden Gatotkaca yang saat itu masih berjiwa muda dan menggebu-gebu lupa diri, dan melanggar syarat itu.

Merasa menjadi satria paling sakti, dia juga melakukan beberapa kesalahan dengan bertindak semena–mena. Akhirnya Ajian/Rajah Narantaka itu hilang dengan sendirinya dari telapak tangan Raden Gatotkaca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro