Kacang Mete bisa dihidangkan saat Natal/wikipedia
Kuliner

Ini Makanan Natal yang Aman Bagi Kesehatan

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 22 Desember 2020 - 07:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang Natal, ragam sajian manis seperti pie, dan makanan manis menjadi andalan untuk disantap bersama keluarga.

Anda mungkin sudah tak kaget jika rata-rata selama Natal Anda bisa mengonsumsi makanan sampai 3.500 kalori. Hal ini memastikan jumlah yang banyak ini bisa dikurangi dengan berfokus pada makanan jenis lain. Apalagi, kesehatan tetaplah menjadi prioritas dan tidak boleh diabaikan hanya karena kegembiraan pada satu hari besar saja.

Dikutip dari Women’s Health, Senin (21/12/2020), Natal sebagai hari raya menjelang akhir tahun harus dibawa dengan sukacita khususnya dengan meluangkan waktu bersama keluarga. Akan lebih menyenangkan jika Anda tetap bisa bergembira selama Natal dengan ragam sajian tanpa mencemaskan jumlah kalori. Oleh sebab itu, berikut sejumlah kabar baik yang membantu Anda mengurangi stres akibat menikmati sajian Natal.

Sejumlah santapan Natal sesungguhnya tak hanya nikmat, tetapi juga harus diracik sebagai sajian yang kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan Anda. Cara ini akan membantu Anda untuk menjamin liburan akhir tahun yang panjang lebih sehat.

Berikut adalah sejumlah contoh sajian Natal yang kaya nutrisi dan perlu ada di piring Anda.

1. Saus Cranberry

Kaya antioksidan, saus cranberry adalah pilihan yang bagus untuk mendorong kinerja hati, khususnya dalam mencerna ragam sajian makanan Natal lainnya. Terapis Shani Kekati menyebut, saus cranberry dengan kandungan antioksidan tinggi juga secara spesifik mengandung proanthocyanidins yang diketahui anti radikal. Apalagi makanan ini sangat cocok untuk menekan gula dengan rasa yang tetap nikmat.

2. Chestnuts

Sejumlah jenis sajian Natal lain yang kaya nutrisi dan cocok untuk Natal adalah chestnuts. Terapis dan Ahli Nutrisi di Harley Street Fertility Clinic, Neema Savvides menyatakan chestnuts sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, chestnuts juga satu-satu sumber beta karoten yang penting bagi produksi enzim organ reproduksi. Sehingga, tingkat kesuburan meningkat berkat chestnuts.

3. Kubis Brussel

Kubis Brussel memiliki kemampuan untuk melawan kandungan buruk pada sajian Natal. Menurut Ahli Nutrisi Shona Wilkinson dari The Nutri Centre, kubis brussel kaya serat yang akan membantu sistem pencernaan tetap sehat. Cobalah untuk bisa memanggang kubis agar menghasilkan rasa manis, lalu tambahkan dengan saus kacang atau saus cranberries.

4. Kalkun

Menyantap kalkun adalah salah satu sumber protein yang sehat. Menurut Shona, protein yang terkandung di kalkun tidak memberi efek kegemukan.

5. Kol merah

Kol merah kayak vitamin C, yang mana sangat cocok bagi Anda yang butuh asupan vitamin dan mencegah penyakit terutama di musim dingin. Menurut Shani, satu buah kol saja sudah mengandung 56 persen vitamin C, yang mana akan membantu meningkatkan sistem imun, melawan bakteri dan virus.

6. Ubi

Ubi ternyata memiliki khasiat bagus untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Pada masa Natal ini, ubi yang disajikan bisa kaya potassium dan asal folat sehingga menurut Shani akan sangat penting dalam menjaga kesehatan cardiovascular.

7. Kacang panggang

Bagi orang yang vegan, tentu kacang panggang tidak boleh terlupakan saat Natal. Makanan ini memiliki kandungan vitamin E yang sangat besar dan memberikan kesehatan pada kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro