Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yuk, Lakukan Hipnotik Lima Jari Agar Tak Cemas Hadapi Covid-19

Berpikir positif dengan melakukan afirmasi/positive self talk bisa dilakukan dengan mengucapkan pernyataan pernyataan positif tentang diri sendiri, keluarga, kehidupan, dan berbagai hal lainnya.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  08:33 WIB
Ilustrasi - hipnosis101
Ilustrasi - hipnosis101

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus Covid-19 di Indonesia masih berlangsung. Jika hanya dilihat dari sisi ancaman, hal itu bisa jadi mencemaskan bahkan menakutkan.

Jika terus cemas dan takut, tentu pikiran akan memproduksi teror tersendiri dan akan sangat melelahkan.

Untuk menghindari hal itu, cara mengatasinya adalah dengan selalu mencoba membangun pikiran positif dan mengusir setiap pikiran negatif yang melintas dalam diri kita.

Membangun sugesti untuk diri sendiri menjadi salah satu cara agar kita senantiasa berpikiran positif. Dengan begitu, segala kekhawatiran yang tidak perlu tentang Covid-19 dapat dihindari.

Berpikir positif dengan melakukan afirmasi/positive self talk bisa dilakukan dengan mengucapkan pernyataan-pernyataan positif tentang diri sendiri, keluarga, kehidupan, dan berbagai hal lainnya.

Salah satu caranya adalah melakukan hipnotik diri melalui game atau permainan bernama Hipnotik atau Hipnotis 5 Jari.

Dikutip dari buku Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial Pada Pandemi Covid-19 berikut cara untuk melakukan hipnotik 5 jari.

Sesuai namanya, Hipnotik 5 jari, menggunakan lima jari yang kita miliki untuk memikirkan hal-hal yang positif. Sekali lagi, Anda hanya diminta memikirkan hal-hal yang positif.

Caranya dengan mengasosiasikan semua hal positif setiap ibu jari atau jempol bersatu dengan jari lainnya . Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, satukan jempol dan telunjuk sambil membayangkan kondisi tubuh yang sehat

Kedua, satukan jempol dengan jari tengah sambil membayangkan orang-orang yang sayang dan perhatian

Ketiga, jempol dengan jari manis sambil membayangkan prestasi, penghargaan dan pujian yang pernah dialami

Keempat, satukan jempol dengan kelingking sambil membayangkan tempat yang paling indah yang pernah dikunjungi sambil membayangkan keindahannya.

Panduan hipnotik 5 Jari dalam buku yang diterbitkan oleh Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI ini selintas tampak sederhana.

Namun jika dilihat manfaatnya dalam mensugesti diri, Anda mungkin tidak pernah membayangkannya.

Dari pendekatan ilmu komunikasi, langkah self talk berupa Hipnotik 5 Jari  ini merupakan salah satu bentuk komunikasi intrapersonal, yakni saat kita berbicara pada diri sendiri dan mendorong diri kita untuk bangkit dan membangun citra diri yang positif.

Anda yang sehat memerlukan terapi ini agar semakin positif, begitu pula jika Anda sedang “kebagian jatah” disinggahi Covid-19.

Terapi hipnosis lima jari ini dilakukan dengan cara pasien memikirkan pengalaman yang menyenangkan, dengan harapan tingkat kecemasan pasien akan menurun.

Hipnosis berupa seni komunikasi verbal ini bertujuan membawa gelombang pikiran subjek menuju trance (gelombang alpha/theta) yang dikenal juga dengan hipnosis diri untuk pemograman diri, menghilangkan kecemasan dengan melibatkan saraf parasimpatis dan akan menurunkan peningkatan kerja jantung, pernafasan, tekanan darah, kelenjar keringat.

Hipnosis 5 jari dapat menimbulkan efek relaksasi yang tinggi sehingga akan mengurangi ketegangan dan stres, ansietas (kecemasan) pada pikiran seseorang.

Tak hanya untuk menghalau teror Covid-19 dalam pikiran Anda, Hipnotik 5 Jari ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun pikiran positif dalam keseharian Anda.

Pendeknya, ketika ada pikiran negatif melintas apalagi mengganggu, jangan biarkan ia berlama-lama berada dalam pikiran Anda dan langsung katakan setop!

Yuk, kita mulai!

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top