Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Budiman Sudjatmiko Menumbuhkan Minat Baca Sang Anak

Hal itu diungkapkan Budiman Sudjatmiko melalui akun Twitter pribadinya @budimansudjatmiko, Sabtu (26/12/2020).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  14:35 WIB
Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko. - Antara
Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Budiman Sudjatmiko mempunyai tips jitu untuk membiasakan anak membaca buku tanpa merasa terbebani.

Hal itu diungkapkannya melalui akun Twitter pribadinya @budimansudjatmiko, Sabtu (26/12/2020). Menurutnya, menumbuhkan minat baca pada anak diawali dengan memberikan contoh terlebih dahulu.

Pria kelahiran Cilacap, 10 Maret 1970, ini mengaku kerap membaca terlebuh dahulu buku yang diminati putrinya. Dia pun membuat cerita yang menarik ihwal isi buku tersebut dan kemudian menceritakannya.

“Kamu yg terlebih duku membaca buku. Di depan dia. Berkali2. Saat dia mau cerita sesuatu ke kamu, cuekkin dulu. Kalau dia mendesak, jawab, "Ayah sdg baca buku bagus. Mau ayah ceritain gak isinya? Nanti ayah dengerin ceritamu,” demikian diungkapkan Budiman melalui Twitternya.

 

Lalu, setelah sang anak mulai tertarik membaca bukunya sendiri, Budiman melanjutkan dengan mengizinkannya menonton video dokumenter di YouTube dimana masih berkaitan dengan buku yang dibaca tersebut.

“Kuajak juga bonton dokumenter2 sains di Youtube. Kuceritain aspek negatif & positif kalau kita dpt ilmu dr menonton dokumenter dgn jika kita dpt dr membaca. Kuceritakan bhw dgn membaca dia bisa punya imajinasi sendiri. Jika menonton, imajinasinya disuapi,” cuitnya kemudian.

Hal itu dilakukan karena Budiman menilai proses mendapatkan pengetahuan yang ideal bagi anak adalah pertama-tama dari membaca buku, kemudian melengkapinya dengan tayangan dokumenter, dan terakhir mendiskusikannya dengan orang tua atau rekan lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku minat baca budiman sudjatmiko
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top