Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Golongan Orang yang Dilarang Diet Keto

Tren ini menjadi popularitas dalam dua tahun terakhir karena berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  03:03 WIB
Diet - Endoc
Diet - Endoc

Bisnis.com, JAKARTA - Keto atau ketogenic diet saat ini sedang menjadi trend diet paling terkenal di kalangan pengamat berat badan dan penyuka fitnes.

Tren ini menjadi popularitas dalam dua tahun terakhir karena berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Diet yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga efektif dalam mengelola gejala diabetes dan kolesterol tinggi.

Tetapi menjalani diet tinggi lemak untuk waktu yang lama juga dikaitkan dengan berbagai efek samping. Dikatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak lemak dalam waktu lama dapat membuat Anda berisiko terkena batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Sesuai para ahli di bidangnya, berikut 5 tipe orang yang wajib menghindari diet keto demi kesehatan.

1. Ibu hamil?

Selama kehamilan, ibu hamil perlu ekstra hati-hati dengan pola makan dan kebiasaan makannya. Mereka perlu makan makanan yang seimbang dan bergizi untuk pertumbuhan bayi.

Diet keto sebenarnya membuat mereka kehilangan karbohidrat dan serat. Selain itu, diet yang sangat ketat kekurangan beberapa mikronutrien esensial, yang menjadikannya pilihan diet yang tidak sehat selama kehamilan.

2. Vegan

Memang sulit untuk mengikuti diet keto untuk vegetarian, tetapi untuk vegan, itu lebih menantang dan berisiko. Diet ini membatasi asupan karbohidrat tinggi dan makanan berserat tinggi seperti sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.

Untuk vegan, buah-buahan dan sayuran adalah sumber nutrisi utama karena mereka sepenuhnya menghindari produk susu dan hewani. Bahkan jika mereka membatasi produksi alami maka mereka akan kehilangan nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik.

3. Orang dengan Gangguan pencernaan

Salah satu efek samping umum dari diet keto adalah sembelit. Karena rendah karbohidrat dan rendahnya asupan serat, orang sering merasa sembelit saat mengikuti diet ini. Jika Anda sudah menderita masalah terkait perut seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau sembelit kronis, diet ini dapat memperburuk keadaan.

4. Orang dengan Masalah ginjal

?Keto adalah diet tinggi lemak dan untuk memecah lemak dan membuang lemak ekstra dari tubuh, ginjal Anda harus bekerja sangat keras. Jika Anda sudah menderita masalah ginjal, mengikuti diet ini akan memberi tekanan ekstra pada organ Anda dan bahkan dapat memperburuk gejalanya.

5. Orang dengan Gangguan makan

Orang yang menderita gangguan makan apa pun sering kali mengalami perubahan suasana hati yang berlebihan dan mungkin merasa sulit untuk tetap menjalankan diet ini.

Jika diet keto tidak diikuti dengan benar, Anda mungkin tidak dapat melihat hasil positif apa pun, yang mungkin menurunkan motivasi Anda. Dalam kasus seperti itu, lebih baik berkonsultasi dengan ahli sebelum memulai diet apa pun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil diet
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top