Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Rahasia yang bisa Anda lakukan di WhatsApp

Meskipun WhatsApp memang menawarkan cukup banyak fitur, ada beberapa fitur yang tidak diketahui semua orang. Baik itu tidak menggunakan nomor telepon asli Anda untuk menggunakan WhatsApp atau mengetahui apakah beberapa orang menggunakan nomor ponsel palsu untuk menghubungi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  17:03 WIB
Aplikasi WhatsApp - whatsapp.com
Aplikasi WhatsApp - whatsapp.com

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan pengguna selalu mencari tip baru untuk meningkatkan pengalaman mereka.

Meskipun WhatsApp memang menawarkan cukup banyak fitur, ada beberapa fitur yang tidak diketahui semua orang. Baik itu tidak menggunakan nomor telepon asli Anda untuk menggunakan WhatsApp atau mengetahui apakah beberapa orang menggunakan nomor ponsel palsu untuk menghubungi.

Melansir Gadgetsnow pada Senin (28/12/2020), berikut adalah tujuh hal yang mungkin tidak Anda ketahui yang dapat Anda lakukan di WhatsApp.

1. Mendengarkan pesan audio WhatsApp secara diam-diam tanpa earphone

Lain kali Anda menerima file audio di WhatsApp, alih-alih mengambil earphone Anda, ambil saja ponsel Anda dan letakkan di telinga Anda setelah menekan tombol putar, seolah-olah Anda sedang menelepon.

Saat Anda mengangkat telepon setelah menekan tombol putar pada file audio WhatsApp dan meletakkan perangkat di telinga Anda, file audio akan diputar melalui lubang suara smartphone Anda dan bukan melalui speaker. Ini berarti Anda benar-benar dapat menggunakan file audio WhatsApp sebagai fitur 'walkie-talkie' yang menyenangkan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi menggunakan klip suara pendek alih-alih mengetik atau menelepon penerima.

2. Menggunakan nomor virtual di WhatsApp untuk menyembunyikan nomor telepon asli Anda

Nomor seluler virtual dapat dengan mudah ditemukan secara gratis dan Anda hanya perlu satu kali untuk mendaftar WhatsApp. Anda dapat menggunakan WhatsApp dengan nomor virtual ini seperti nomor biasa lainnya. Salah satu layanan yang telah dicoba dan diuji adalah TextNow. Unduh aplikasi TextNow di ponsel Anda.

Buat akun gratis di TextNow. Setelah masuk, Anda akan mendapatkan daftar lima nomor telepon gratis yang berbasis di AS dan Kanada. Pilih saja nomor yang Anda suka dan lanjutkan. Dengan nomor virtual ini Anda dapat membuat akun WhatsApp dan melanjutkan obrolan.

3. Menggunakan WhatsApp dengan menggunakan nomor telepon rumah untuk mendaftar

Anda dapat mendaftarkan nomor telepon rumah untuk menggunakan WhatsApp tetapi bukan aplikasi WhatsApp biasa. Anda perlu mengunduh aplikasi bisnis WhatsApp. Setelah WhatsApp Business terinstal, aplikasi akan meminta nomor telepon untuk pendaftaran berbasis OTP.

Pilih kode negara diikuti dengan nomor telepon rumah dengan kode STD. Tapi hilangkan 0 di depan, jika ada. Setelah memasukkan nomor tersebut, aplikasi WhatsApp Business akan mengirimkan OTP. Karena ini adalah nomor telepon rumah, Anda tidak akan menerima SMS. Tunggu sampai waktu OTP habis dan pilih 'Call me' untuk verifikasi OTP.

4. Baca pesan WhatsApp 'diam-diam' tanpa memicu tanda centang biru

Setelah Anda menerima pesan, cukup buka kunci perangkat tanpa menghapus notifikasi. Anda akan dapat membaca pesan lengkap tanpa membuka aplikasi dan memicu centang Biru untuk pengirim.

5. Mengetahui apakah seseorang telah memblokir Anda di WhatsApp

Setiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menampilkan satu tanda centang, yang berarti pesan tersebut dikirim dari pihak Anda, tetapi tidak pernah diperbarui menjadi tanda centang ganda yang berarti pesan telah terkirim.

6. Mengetahui apakah akun WhatsApp itu palsu

Sangat mudah untuk membuat akun WhatsApp menggunakan nomor spoof. Saat Anda menerima pesan, ketuk profil untuk melihat apakah nomor telepon dimulai dengan +91 atau tidak. Nomor spoof biasanya dimulai dengan +1. Jika seseorang dari India mengirim pesan WhatsApp menggunakan nomor dengan kode negara berbeda maka itu paling mirip akun WhatsApp palsu.

7. Mengetahui apakah orang lain membaca pesan WhatsApp Anda

Dengan WhatsApp Web, sangat mungkin akun WhatsApp Anda telah masuk dari desktop tanpa sepengetahuan Anda. Selalu periksa di bawah pengaturan untuk memverifikasi bahwa tidak ada perangkat yang tidak dikenal memiliki akses ke akun WhatsApp Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi whatsapp
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top