Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaleidoskop 2020: Ini 8 Drama Korea Paling Hits Sepanjang 2020

Buat Anda pecinta atau yang baru jatuh cinta dengan "virus" drakor, berikut8 drama Korea (drakor) paling populer dan hits sepanjang 2020.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  11:25 WIB
Drama Korea yang digemari Netizen berjudul "Start Up"  -  Sumber: Netflix
Drama Korea yang digemari Netizen berjudul "Start Up" - Sumber: Netflix

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk tinggal di rumah. Hal ini mengakibatkan mereka mencari hiburan untuk mengisi waktu, salah satunya dengan menonton drama Korea (drakor).

Jalan cerita yang tidak biasa, rupa pemain yang ganteng dan cantik, serta soundtrack lagu K-Pop membuat popularitas kian meroket. Penonton drakor kini bukan hanya remaja wanita, tetapi sudah merambah hingga ibu-ibu muda hingga para pria.

Buat Anda pecinta atau yang baru jatuh cinta dengan "virus" drakor, berikut deretan drama Korea yang paling banyak dibicarakan sepanjang 2020.

1. Crash Landing on You
Drama Korea romantis berjudul "Crash Landing on You" menceritakan tentang kisah wanita Korea Selatan, yaitu Yoon-Se-Ri (Son Ye-Jin). Ia seorang pewaris konglomerat Korea Selatan.

Suatu hari, saat bermain paralayang, terjadi kecelakaan saat ia melakukan pendaratan karena angin kencang yang membuat Yoon Se-Ri mendarat di Korea Utara. Di sana, Se-Ri bertemu perwira militer Korea Utara, yang bernama Ri Jeong-Hyeok (Hyun Bin). Tak lama, keduanya saling jatuh cinta.

Drama ini ditayangkan di stasiun tvN-Korea Selatan dan di Netflix di seluruh dunia mulai 14 Desember 2019 hingga 16 Februari 2020. Pada tahun 2019, "Crash Landing on You" menjadi drama keempat yang paling banyak ditonton di Netflix Korea.

"Crash Landing on You" berhasil mengantongi rata-rata pangsa pemirsa nasional sebesar 21,683 persen dengan peringkat ketiga.

2. Itaewon Class
"Itaewon Class" merupakan serial drama korea yang tayang pada Januari 2020. Drama ini berdasarkan webtoon dengan nama yang sama dan merupakan seri pertama yang diproduksi oleh perusahaan distribusi film Showbox.

"Itaewon Class" bercerita tentang seorang mantan terpidana yang hidupnya berbalik setelah Park Sae-Roy (Park Seo-Joon) dikeluarkan dari sekolah karena meninju perundung dan ayahnya terbunuh dalam suatu kecelakaan.

Demi mengikuti jejak ayahnya, ia membuka restoran bar DanBam di Itaewon dan bersama dengan manajer, Jo Yi-Seo (Kim Da-Mi), dan stafnya. Mereka berusaha keras menuju kesuksesan dan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Diam-diam Jo Yi-Seo memiliki perasaan pada Park Sae-Roy. "Itaewon Class" tayang di JTBC mulai 31 Januari 2020 dengan peringkat 14,760 persen dari rata-rata pangsa pemirsa nasional.

3. The World of The Married
Serial drama 'The World of The Married' merupakan remake dari serial televisi Inggris "Doctor Foster" yang tayang di BBC One dari tahun 2015. Drakor ini menceritakan sepasang suami istri yang saling mengkhianati dan melibatkan banyak kebencian, kesedihan, balas dendam dan sembuh dari luka dan kekecewaan.

"The World of Married" menceritakan kisah Ji Sun-Woo (Kim Hee-Ae) seorang dokter keluarga. Ia menikah dengan Lee Tae-Oh (Park Hae-Joon) dan mereka memiliki seorang putra. Ji Sun-Woo memiliki karier yang sukses dan keluarga yang bahagia, tetapi dia dikhianati oleh suaminya dan orang-orang terdekatnya.

Sementara itu, Lee Tae-Oh memiliki cita-cita menjadi sutradara film terkenal. Ia menjalankan bisnis hiburan dengan dukungan istrinya Ji Sun-Woo. Meskipun Lee Tae-Oh mencintai istrinya, namun ia jatuh cinta dengan orang lain dan masuk ke dalam hubungan yang berbahaya.

Alur yang ditampilkan membuat penonton dibawa dengan perasaan emosional dan suasana yang mencekam. Drama ‘The World of Married’ dari tv kabel JTBC ini berhasil menggeser posisi ‘Sky Castle’ dengan mendapatkan rating tertinggi pasar nasional sebesar 28,371 persen.

4. Hospital Plyalist
'Hospital Playlist' menceritakan keseharian para tenaga medis di Yulje Medical Center. Kisah ini sebenarnya berkutat pada persahabatan 5 dokter spesialis di bangsal VIP. Mereka telah bersahabat selama 20 tahun sejak masuk ke sekolah kedokteran yang sama.

"Hospital Playlist" menjadi drakor peringkat kesembilan tertinggi dalam sejarah televisi kabel dengan persentase rata-rata permirsa nasional 14,142 persen.

5. The King: Eternal Monarch
Drama ini digambarkan mempunyai dua dunia paralel, yaitu Korea di masa sekarang dan Korea dalam bentuk konstitusional monarki.

'The King: Eternal Monarch' menceritakan tentang seorang kaisar Korea bernama Lee Gon (Lee Min-Ho) yang mencoba untuk menutup pintu ke dunia paralel yang dibuka oleh iblis yang dilepaskan oleh dewa ke dunia manusia dan seorang detektif bernama Jung Tae-Eul (Kim Go-Eun) yang mencoba melindungi banyak orang dan seseorang yang ia cintai.

6. It's Okay Not to be Okay
'It's Okay Not to be Okay' menceritakan kisah antara perawat bangsal psikiatri dan perempuan penulis cerita anak yang antisosial.

Drama ini berpusat pada tokoh utama, Moon Gang-Tae (Kim Soo-Hyun), seorang pekerja kesehatan komunitas di bangsal psikiatri. Ia hanya menghasilkan sekitar 1,8 juta won setiap bulan. Gang-Tae juga merawat kakaknya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang mengalami sindrom autisme. Moon Gang-Tae tidak punya waktu untuk memikirkan cinta.

Sementara itu, Go Moon-Young (Seo Ye-Ji), seorang penulis buku anak-anak yang menderita gangguan kepribadian antisosial, tetapi dia sangat egois, angkuh, dan kasar.

7. 18 Again
Serial drama Korea “18 Again” merupakan adaptasi dari film Hollywood “17 Again” yang dirilis pada tahun 2009. Serial ini ditayangkan perdana pada 7 September 2020 lalu di JTBC dengan mengusung genre romantis, komedi, dan fantasi.

Kisahnya berawal ketika Hong Dae-Young (Yoon Sang-Hyun) dan istrinya, Jung Da-Jung (Kim Ha-Neul), yang telah menikah selama puluhan tahun terancam bercerai.

Suatu malam, Hong Dae-Young secara tiba-tiba berubah menjadi remaja dan mengubah identitasnya menjadi Go Woo-Young (Lee Do-Hyun). Ia kembali bersekolah di SMA Serin, sekolah yang sama dengan putra dan putrinya. Dari sana, Hong Dae Young mengetahui kehidupan sekolah yang dijalani oleh kedua anaknya, yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya. '18 Again' mencampuradukan perasaan penonton, mulai dari kesedihan hingga komedi. 

8. Start-Up
Drama Korea 'Start-Up' dengan berlatar belakang Silicon Valley fiksi Korea Selatan, yang disebut Sandbox. Drama ini menceritakan kisah orang-orang di dunia perusahaan rintisan. Drama 'Start-Up' dimainkan oleh Seo Dal-Mi (Bae Suzy) yang bermimpi menjadi Steve Jobs dari Korea. Ia seorang petualang yang tidak memiliki banyak harta, tetapi memiliki rencana besar untuk dirinya sendiri.

Nam Do-San (Nam Joo-Hyuk) adalah pendiri Samsan Tech. Dia pernah menjadi kebanggaan keluarganya sebagai seorang jenius matematika, tetapi selama dua tahun terakhir, perusahaannya tidak pernah mendapatkan keuntungan. Sementara Han Ji-Pyeong (Kim Seon-Ho) yang memulai sebuah perusahaan startup untuk melunasi utangnya. Di sana ia menjadi pemimpin tim di SH Venture Capital.

Drama ini terbilang sukses karena sering merajai trending topic di jagad Twitter, terlebih karakter Han Ji-Pyeong yang lembut membuat penonton menyukainya.

Nah, Sobat Bisnis sudah menonton drakor apa saja nih selama momen #dirumahsaja?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Netflix drama korea Covid-19 Indoxxi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top