Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alat Medis Ini Diklaim Ampuh Atasi Serangan Jantung

Penggumpalan darah umumnya di pembuluh darah koroner dan arteri perifer menjadi penyebab utama serangan jantung.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  16:39 WIB
Megavac
Megavac

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi di dunia medis semakin pesat, salah satunya dalam mengatasi penyumbatan darah.

Penggumpalan darah umumnya di pembuluh darah koroner dan arteri perifer menjadi penyebab utama serangan jantung. Gumpalan semacam itu dapat dihilangkan melalui proses yang dikenal sebagai trombektomi (pengangkatan gumpalan darah).

Selama ini memang terapi trombolitik yang dikenal sebagai pengobatan untuk melarutkan gumpalan darah besar di kedua pembuluh darah tersebut. Namun ada kekurangan dari prosedur trombektomi dari perangkat yang saat ini digunakan di rumah sakit tersebut.

Alat ini sering meninggalkan 30% hingga 50% gumpalan sebagai residu. Selain itu, alat ini juga menempatkan pasien pada risiko tinggi karena selama trombektomi, terjadi fragmentasi gumpalan darah. Ini dikenal sebagai Embolisasi Distal. Ini berbahaya karena mengurangi aliran darah, menyebabkan kematian jaringan, dan juga kematian.

Untungnya, kemajuan dalam teknologi penghilangan gumpalan darah telah menghasilkan inovasi baru yakni Sistem Trombektomi Mekanis MegaVac.

MegaVac dapat menghilangkan gumpalan darah di arteri, melindungi dari embolisasi distal. "Jadi MegaVac sangat berhasil mencegah hal itu terjadi," ujar Kardiolog Jeffrey Chambes seperti dikutip dalam video di Twitter Insider Tech, Rabu (6/1/2021).

Dalam cara kerjanya, alat MegaVac dimasukkan ke lokasi pembekuan darah di arteri kemudian mengembang untuk memblokir sementarabaliran darah di arteri tersebut.

Kemudian gumpalan darah ersebut akan ditarik keluar. "Dan hasil akhirnya adalah Anda menghilangkan sejumlah besar trombus dengan cepat dan berhasil," imbuhnya.

Saat ini, MegaVac sudah dikomersialisasikan karena penggunaannya sudah disetujui FDA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medis serangan jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top